Perubahan Vital di WhatsApp yang Perlu Diketahui

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Saat ini WhatsApp telah digunakan oleh sekitar 1,5 miliar pengguna, sehingga menjadikannya layanan pesan instan paling populer di dunia. Aplikasi milik Facebook ini terkenal karena penggunaannya yang mudah, fitur enkripsi dan obrolan grupnya.

Namun pada bulan November WhatsApp akan memperkenalkan perubahan besar yang akan berdampak semua pengguna Android. WhatsApp akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk membuat cadangan obrolan mereka, termasuk semua media, melalui Google Drive.

Ukuran cadangan sebelumnya dibatasi berdasarkan kuota penyimpanan Google Drive milik pengguna, namun sebuah kesepakatan baru antara raksasa teknologi dan WhatsApp telah mengubah ini.

WhatsApp telah mengumumkan bahwa dari tanggal 12 November nanti cadangan tidak akan lagi mengurangi ruang penyimpanan dari akun Google Drive pengguna. Sebelum tanggal yang telah ditentukan tersebut, para pengguna WhatsApp akan di ingatkan untuk “secara manual mencadangkan” obrolan mereka guna mencegah hilangnya file.

“Mulai 12 November 2018, backup WhatsApp tidak akan lagi mengurangi kuota penyimpanan di Google Drive,” jelas perusahaan milik Facebook tersebut.

“Untuk backup WhatsApp yang belum diperbarui lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive,” lanjutnya.

“Untuk menghindari hilangnya backup yang telah ada, sebaiknya pengguna membuat cadangan WhatsApp secara manual sebelum 12 November 2018,” imbuhnya.

WhatsApp juga menjelaskan edia dan pesan yang cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi WhatsApp ketika ada di Google Drive. Ini menunjukkan begitu data pengguna dihapus dari platformnya dan dipindahkan ke Google Drive, maka selanjutnya adalah tugas dari Google Driver untuk melindungi file dari para pengguna WhatsApp.

Setiap pengguna WhatsApp yang menggunakan Google Drive akan mendapatkan penyimpanan gratis dengan kapasitas 15GB. Namun apabila menginginkan kapasitas yang lebih besar, maka mereka harus membayar biaya bulanan. Sementara untuk membuat cadangan file di WhatsApp sangatlah mudah dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit.

WhatsApp juga menyediakan informasi kapan cadangan terakhir dibuat, sehingga pengguna dapat mengetahui riwayat cadangan yang telah mereka buat.(hh)

Sumber