Pilihan Ojek Online Baru: Bonceng

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Sebuah aplikasi buatan dalam negeri bernama Bonceng telah resmi diluncurkan. Aplikasi ini siap meramaikan persaingan layanan jasa transportasi online yang dapat diakses melalui ponsel pintar.

Tentunya ada sejumlah perbedaan yang membuat aplikasi Bonceng berbeda dengan transportasi online yang ada. Perbedaan yang sangat menyolok adalah pengemudi dibebaskan dari segala bentuk potongan atau biaya transaksi.

Jadi berapapun jumlah transaksi yang diperoleh driver 100 persen penuh menjadi milik mereka, tidak ada potongan sepeser pun. Selain itu persyaratan untuk pendaftaran untuk menjadi driver Bonceng pun cukup mudah, cukup memiliki SIM C atau A, STNK, dan Kartu Keluarga.

Sementara untuk tarif yang ditawarkan juga berbeda dengan aplikasi transportasi online yang ada. Karena perhitungannya bukan lagi berdasarkan per kilometer, tetapi berdasarkan radius jarak perjalanan dibagi dalam bentuk harga bulat.

Sebagai contoh harga di mulai dari Rp. 5000, Rp 10.000, Rp 15.000, Rp 20.000 dan seterusnya. Hal ini dilakukan oleh Bonceng agar tidak terjebak di permainan harga yang sudah ada, sehingga dapat memudahkan serta kelancaran para driver bertransaksi.

Hal lain yang membedakan Bonceng dengan aplikasi lain ialah konsumen bisa melakukan booking penjemputan dengan keperluan dan waktu yang diinginkannya sampai dengan tujuh hari ke depan.

Di dalam aplikasinya Bonceng juga menambahkan tombol ‘panik’ dengan menggunakan ikon bergambar lonceng, sehingga apabila terjadi sesuatu dalam perjalanan, konsumen cukup menekan tombol dan dapat langsung terhubung ke kantor polisi, layanan ambulan serta menghubungi keluarga terdekat.

Saat ini Bonceng telah memiliki 2000 pengemudi. Baik untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat yang siap melayani warga Jakarta. Perekrutan dimulai dari tanggal 28 Oktober yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Kemudian pada tanggal 10 November aplikasi Bonceng mulai diperkenalkan, yang bertepatan juga dengan Hari Pahlawan.

Sementara untuk layanan yang disediakan sama dengan aplikasi lain yang sudah ada, Bonceng menyediakan Bonceng Motor dan Bonceng Mobil, serta Bingkis yang merupakan layanan paket. Untuk layanan Bungkus saat ini belum bisa digunakan karena masih dalam penyesuaian standar yang diinginkan oleh manajemen.(hh)

Sumber