Profil

logo huawei

MASTEL adalah lembaga nirlaba yang didirikan tanggal 1 Desember 1993 dan merupakan wadah bagi seluruh pemangku kepentingan di bidang Teknologi Informasi, Komunikasi dan Penyiaran, yang terdiri dari pelaku usaha, organisasi, asosiasi dan profesional. MASTEL tidak hanya berfungsi sebagai wadah berkomunikasi dan bertukar informasi, tetapi juga berfungsi sebagai jembatan antara Pemerintah dengan Masyarakat dan Pelaku Usaha di bidang Telematika (Teknologi Informasi, Komunikasi dan Penyiaran). Kehadiran MASTEL di dalam ekosistem Industri saat ini telah menjadi penyeimbang, pengkaji dan sekaligus sebagai pressure group kepada Pemerintah dalam berbagai isu strategis terkait dengan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Penyiaran.

MASTEL pada awal berdirinya belum bernama Masyarakat Telematika Indonesia. Perubahan nama organisasi MASTEL dari Masyarakat Telekomunikasi Indonesia menjadi Masyarakat Telematika Indonesia dilakukan pada Musyawarah Nasional MASTEL Ke-3 pada tanggal 20 Februari 2000. Dengan perubahan nama ini, lingkup bidang pengkajian MASTEL pun semakin meluas dan tidak lagi terbatas di sektor Telekomunikasi.

MASTEL saat ini didukung oleh 26 Asosiasi, 101 Perusahaan (Donatur dan Reguler), 871 Anggota perorangan, 21 Organisasi Nirlaba. Seiring perkembangan dan meluasnya cakupan kajian di bidang telematika, MASTEL juga sudah memiliki anggota dari lintas industri, profesi dan komunitas.

Positioning MASTEL sebagai organisasi yang secara konsisten menyuarakan pandangan para stake holder ekosistem Industri Teknologi Informasi, Komunikasi dan Penyiaran, telah membuat MASTEL semakin banyak terlibat di dalam kegiatan dan kajian-kajian yang berkaitan dengan Telematika.

Kemitraan dan kolaborasi strategis yang dibangun MASTEL diantaranya kepada Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat, Kedutaan Besar Negara-Negara Sahabat. Pemerintah. MASTEL secara intens menjalin kemitraan kerja dengan Pemerintah diantaranya Kementerian KOMINFO RI, Kementerian Perdagangan, BAPPENAS, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang POLHUKAM. Adapun terkait kemitraan dengan legislatif, MASTEL secara aktif memberikan konsultasi kepada Komisi I DPR RI. MASTEL sebagai bagian dari publik senantiasa berusaha mengawal penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pemerintah agar sejalan dengan tagline “MASTEL 4 Indonesia”.

Leave a Reply