Segera Hapus 47 Aplikasi Android ‘Berbahaya’ Berkedok Game

logo huawei

Pengguna smartphone Android harus berhati-hati dengan aplikasi yang telah terinstal, pasalnya baru-baru ini ditemukan aplikasi berbahaya yang menyelinap di Android. Dari Google hingga Samsung, smartphone Android adalah salah satu perangkat mobile paling popular di dunia.

Dilansir dari situs web Mirror.co.uk, peneliti dari Avast memperingatkan pengguna Android tentang 47 aplikasi berbahaya yang menyamar sebagai game di Google Play Store. Aplikasi-aplikasi ini disebut sebagai ‘HiddenAds’, mereka memasukkan teknologi yang berisi adware. Perangkat lunak secara otomatis akan menampilkan iklan, bahkan ketika aplikasi telah ditutup.

47 aplikasi ini sebelumnya tersedia di Google Play Store dan sudah diunduh lebih dari 15 juta pengguna dan 37 dari aplikasi ini masih tersedia di Google Play Store. Oleh karena itu, pengguna Android disarankan untuk memeriksa ulang aplikasi apa saja yang sudah terinstal di smartphone mereka.

Jakub Vavra, threat analyst di Avast mengatakan trik seperti HiddenAds dapat menyamar ke Play Store dengan menyembunyikan tujuan aslinya, dengan perlahan memperkenalkan fitur-fitur berbahaya setelah diunduh.

“Walaupun Google sudah menjadi rekan yang luar biasa dalam menyingkirkan aplikasi-aplikasi berbahaya, pengguna tetap harus waspada saat mengunduh aplikasi baru pada perangkat mereka dan tetap memperhatikan tanda-tanda jika aplikasi tersebut berbahaya, seperti review yang negatif, atau permintaan izin akses yang berlebihan” imbuhnya.

Analisa para peneliti mengungkapkan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk menyembunyikan ikon mereka di smartphone, membuatnya sangat sulit untuk ditemukan dan dihapus. Sementara itu, 7 dari aplikasi-aplikasi tersebut ternyata mampu membuka browser pada ponsel untuk menampilkan aplikasi tambahan.

Ini berarti iklan tersebut akan tetap muncul, bahkan jika pengguna sudah menghapus aplikasi tersebut dari smartphone-nya. Berdasarkan dari penemuan tersebut, peneliti menyarankan semua orang yang sudah terlanjur menginstal aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut, untuk segera menghapusnya.

Berikut ini aplikasi menurut Avast yang harus diwaspadai.

Draw Color by Number, Skate Board – New, Find Hidden Differences, Shoot Master, Stacking Guys, Disc Go!, Spot Hidden Differences, Dancing Run – Color Ball Run, Find 5 Differences, Joy Woodworker, Throw Master, Throw into Space, Divide it -, Cut & Slice Game, Tony Shoot – NEW, Assassin Legend, Flip King, Save Your Boy, Assassin Hunter 2020, Stealing Run, Fly Skater 2020.(na/hh)