Situs-Situs Penting Yang Perlu Diketahui Oleh Pengguna Google

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Banyak netizen yang sudah menggunakan layanan dari Google, tapi bisa saja ada beberapa layanan dari Google yang belum diketahui atau digunakan. Untuk itu berikut adalah sejumlah situs penting milik Google yang perlu diketahui para pengguna Google.

Android Device Manager (https://www.google.co.in/android/devicemanager)

Android Device Manager

Melalui situs ini, kita akan dapat mudah melacak keberadaan sebuah perangkat Android. Sangat bermanfaat apabila kita kehilangan perangkat Android dan ingin mengetahui dimana lokasi perangkat itu berada. Namun, sebelumnya kita harus mengaktifkan fitur ini pada perangkat Android kita terlebih dahulu. Bahkan kita dapat menghapus isi semua data dari jarak jauh pada perangkat Androd kita yang hilang.

Melihat dan Mendengarkan Riwayat Suara Kita (https://support.google.com/websearch/answer/6030020?hl=en)

Melihat dan Mendengarkan Riwayat Suara Kita

Bagi yang menggunakan perintah suara pada perangkat Androidnya, dapat memeriksa semua rekaman perintah suaranya pada situs ini. Google merekam semua perintah suara kita, dan bisa kita lihat pada situs tersebut.

Menghapus Konten dari Google (https://support.google.com/legal/troubleshooter/1114905?hl=en)

Google Content Removal

Apabila kita menemukan tulisan yang kita buat digunakan sebagai konten pada website atau blog lain, tidak perlu khawatir. Kita melaporkannya kepada Google melalui situs ini. Apabila memang ketahui bersalah, maka konten dari situs tersebut akan dihapus.

Memeriksa Semua Password Yang Disimpan (https://passwords.google.com/)

Google Password Checking

Apabila kita menggunakan Google Chrome atau browser yang tersedia di perangkat Android, maka kita perlu mengetahui bahwa semua nama pengguna dan password dari akun yang kita miliki disimpan oleh Google. Melalui situs ini kita dapat memeriksanya.

Melihat Sejarah Penjelahan Web di Google (https://myactivity.google.com/myactivity)

Google Web History

Kita dapat memeriksa aktifitas penjelajahan web kita pada semua layanan Google atau aplikasi yang menggunakan akun Google di menu panel My Activites.

Google Fonts (https://fonts.google.com)

Google Fonts

Bagi para desainer dan pengembang situs, mungkin situs ini bisa dijadikan sebagai referensi ketika mencari font yang sesuai untuk proyek yang sedang dikerjakan. Selain itu, situ ini juga menyediakan pula font dari berbagai bahasa.

Recently Used Devices (https://security.google.com/settings/security/activity?pli=1)

Google Recently Used Device

Pada situs ini, kita dapat menemukan perangkat terkini yang digunakan oleh akun kita untuk mengakses layanan dari Google. Untuk melihat informasi detail dari akun yang digunakan dapat menggunakan situs ini.

Backup Data (https://takeout.google.com/settings/takeout)

Google Backup Data

Apabila kita menginginkan data-data kita pada Google aman, maka kita dapat menggunakan situs ini untuk membackup data-data kita yang ada di Google.

Riwayat Lokasi Google Map (https://www.google.com/maps/timeline?)

Google Map History

Dengan menggunakan situs ini, kita akan menemukan semua detail riwayat lokasi yang kita cari menggunakan Google Maps atau Google Now.

Google Security (https://myaccount.google.com/security?pli=1)

Google SecurityUntuk lebih meyakinkan apakan setelan keamanan dari akun Google sudah aman, kita dapat menggunakan situs ini untuk melihat konfigurasi keamanan pada akun Google yang kita gunakan.

Google Alerts (https://www.google.com/alerts)

Google Alerts

Apabila kita menginginkan notifikasi mengenai produk atau berita tertentu, maka kita mengaktifkannya melalui situs ini. Lakukan pilihan untuk pemberitahuan yang kita inginkan, setelah itu Google akan otomatis menginformasikannya.

Url Shortener (https://goo.gl/)

Google Shortener

Seandainya kita menemukan link atau URL dari sebuah situs yang cukup panjang dan kita ingin membagikannya. Maka kita dapat menggunakan situs ini untuk membuat link atau URL menjadi lebih pendek, sehingga lebih mudah untuk dibagikan.

Inactive Account Manager (https://www.google.com/settings/account/inactive)

Google Inactive Account Manager

Apabila kita memiliki banyak akun Google, bisa jadi ada akun yang sudah lama tidak di akses atau digunakan. Itu tentunya dapat membuat akun tersebut menjadi tidak aktif. Melalui situs ini, kita dapat dengan cepat mengaktifkan akun kita yang tidak aktif tersebut.

Managing Ads (https://www.google.com/settings/u/0/ads/authenticated)

Google Ads Manager

Google membuat profil dari kita berdasarkan website yang kita kunjungi, lalu ia akan membuat perkiraan mengenai umur, jenis kelamin dan minatnya. Data yang terkumpul, digunakan untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan profil kita tersebut. Melalui situs ini, kita akan dapat menyesuaikan minat kit dan lain-lainnya melalui penyetelan iklan yang disediakan oleh Google.

Google News (https://news.google.com/)

Google News

Apabila kita ingin membaca berita dari seluruh dunia, maka tempat terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah di Google News. Semua berita di Google News dibuat dalam sebuah kategori, sehingga memudahkan bagi pengguna untuk mencari berita yang mereka inginkan.(hh)