Smartphone Digicoop akan dipamerkan di IIXS 2016 untuk Bidik Calon Anggota

logo huawei

JAKARTA – Rencana Koperasi Digital untuk segera meluncurkan smartphone dalam upaya mengembalikan kedaulatan digital (baca: melokalkan ekosistem melalui koperasi digital), tampaknya harus tertahan sementara waktu. Dikarenakan smartphone yang diberi label Digicoop tersebut masih harus melewati beberapa proses perizinan di Kementerian Perindustrian RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Akan tetapi hal ini tidak membuat Koperasi Digital mengurungkan niat menggencarkan sosialisasi dan promosi dalam membidik calon anggota. Sebab, dalam waktu dekat Smartphone Digicoop akan kembali dipamerkan di acara IIXS 2016 (Indonesia Internet Expo & Summit 2016) yang merupakan hajatan besar APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tanggal 22-24 November 2016 di Balai Kartini, Jakarta.

Ketika ditemui di Kantor Koperasi siang tadi (11/11), Ketua Koperasi Digital Henri Kasyfi bercerita saat ini pihaknya sedang menunggu proses perizinan di dua kementerian selesai. “Smartphone Digicoop akan dipamerkan di IIXS 2016 dan bila tidak ada aral melintang, akan mulai didistribusikan ke anggota pada tanggal 9 Desember 2016”, jelas Henri. Henri menegaskan komitmen Koperasi Digital dalam mewujudkan mimpi mengembalikan kedaulatan digital Indonesia tentunya tetap harus memerhatikan aspek compliance dan kualitas dari produk yang akan diluncurkan. “Jangan sampai nanti kejadiannya seperti Note 7 kemarin”, tambah Henri.

smartphone digicoop

Anggota Mendapat SHU Bersumber dari Iklan

Selain tampilannya yang trendy dan keren sebagai smartphone, Henri juga menjanjikan smartphone Digicoop akan benar-benar fresh karena menggunakan mobile operating system buatan Indonesia. “OS smartphone-nya ID3OS, buatan design house asli Indonesia, apps nya juga”, terang Henri. Kreativitas Koperasi Digital dalam memberikan manfaat bagi anggota tidak berhenti sampai menyediakan smartphone saja. Dengan platform iklan yang terhubung ke setiap smartphone, Koperasi Digital memberikan recurring revenue model bagi anggota yang diperoleh dari pendapatan iklan. Hebatnya lagi, anggota koperasi tidak perlu khawatir akan terganggu dengan iklan yang muncul di layar handphone. Karena penempatan space iklan pada layar handphone berada di sisi atas screen dan tidak akan mengganggu user experience. Pembagian keuntungan dari iklan akan dibagikan secara periodik kepada anggota, sebagai sisa hasil usaha.

Spesifikasi Smartphone Digicoop

Digicoop DG-1 nantinya bakal memiliki layar 4.7″ dengan resolusi FWVGA dan prosesor Quadcore 1,5GHz. Spesifikasi lainnya meliputi camera depan 2MP, camera belakang 5MP, RAM 1GB, Internal Storage 8GB, Battery 1800 mAH, 4G LTE, slot MicroSD untuk memperluas penyimpanan dan menggunakan baterai 1800mAH. Meski handphone ini hanya untuk diedarkan di kalangan anggota koperasi digital, diharapkan dengan spesifikasi dan desain yang menarik, nantinya akan turut memperluas jangkauan keanggotaan ke berbagai kalangan khususnya generasi muda umur 19-23 tahun.

[ark]