Tahun 2021 Google Alihkan Pengguna Hangouts ke Google Chat

logo huawei

Perusahaan teknologi raksasa Google secara resmi akan memindahkan pengguna dari Google Hangouts ke Google Chat mulai tahun depan. Google Chat adalah layanan perpesanan milik Google yang sebelumnya hanya tersedia untuk pelanggan yang berbayar Google Workspace atau yang saat ini bernaman G Suite, akan menjadi layanan gratis yang tersedia di dalam Gmail dan dalam aplikasi mandiri.

Dilansir dari situs theverge.com, beberapa fitur Hangouts akan mulai ditiadakan. Transisi dari Hangouts ke Chat akan dimulai pada paruh pertama 2021, ketika Google akan menawarkan tools untuk membantu memindahkan percakapan Hangouts, kontak, dan riwayat chat pengguna ke Chat secara otomatis.

“Tahun 2021, semua pengguna dapat mulai meningkatkan layanannya dari Hangout ke Chat. Untuk memastikan kelancaran transisi, kami akan membantu memigrasikan percakapan Hangout pengguna secara otomatis Bersama kontak dan riwayat yang disimpan” jelas Google dalam postingan blognya.

Tidak jelas langkah apa yang diperlukan untuk migrasi tersebut, tetapi Google mengatakan akan membagikan panduan ke penggunanya. Google pernah mengatakan pada bulan Desember 2018 bahwa pihaknya berencana untuk mengalihkan pengguna Hangouts ke Chat dan Meet.

Peralihan dari Hangouts ke Google Chat akan dilakukan secara bertahap dan akan ada periode waktu ketika kedua layanan perpesanan tersebut masih tersedia. Setelah selesai, Chat akan sepenuhnya menggantikan Hangouts. Google mengatakan bahwa pihaknya akan menggratiskan aplikasi Google Chat untuk seluruh pengguna Google mulai tahun 2021.

“Google Chat menghadirkan beberapa fitur seperti pada Hangouts mulai dari Direct/Group Messaging dengan berbagai tambahan fitur lain seperti kirim ke inbox, pencarian lebih cepat, reaksi emoji, dan juga rekomendasi untuk balasan,” lanjut pihak Google.

Google menambahkan bahwa Chat tidak hanya menawarkan fitur seperti percakapan langsung dan grup yang mungkin pengguna kenal dari Hangouts, tetapi juga memungkinkan pengguna merencanakan dan berkolaborasi dengan orang lain dengan lebih mudah.

Google juga mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghapus beberapa fitur Hangouts tertentu. Jika Anda pengguna Google Fi, Google akan merekomendasikan pengguna Google Fi untuk beralih ke aplikasi Message untuk mengelola SMS dan panggilan suara.

Pengguna juga dapat memindahkan percakapan Hangouts yang ada ke aplikasi Pesan Google dan mengelola panggilan dan teks Fi di aplikasi Message untuk web dalam beberapa minggu ke depan.

Google juga berencana untuk menghapus dukungan Google Voice dari Hangouts awal tahun depan, yang berarti pengguna tidak dapat menerima panggilan dari Voice di Hangouts. Selain itu, Google tidak lagi mengizinkan pengguna menelepon nomor telepon dari Hangouts mulai awal tahun depan, dan video call grup di Hangouts akan menggunakan Meet mulai bulan November.(na)