Telegram Segera Rilis Fitur Baru Group Video Call

logo huawei

CEO Telegram Pavel Durov mengumumkan melalui akun pribadinya bahwa Telegram versi iOS akan segera diperbarui. Tak hanya itu, Telegram juga akan merilis fitur baru panggilan video grup atau Group Video Call. Perusahaan awalnya berencana untuk menambahkan fitur panggilan video ke layanan perpesanannya di tahun 2020, tetapi fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Durov mengatakan fitur group video call ini akan dirilis dengan beberapa fitur didalamnya.

“Fitur ini menghadirkan berbagi layar, enkripsi, peredam bising atau noise-canceling, dukungan desktop dan tablet. Segala fitur canggih yang ada di aplikasi video telekonfersi bisa dinikmati dengan tampilan, kecepatan, sistem keamanan dan terenkripsi secara end-to-end di Telegram” kata Durov.

Dilansir dari situs The Verge, Durov belum memberikan informasi secara detail kapan fitur ini bisa digunakan oleh pengguna Telegram dan berapa jumlah peserta yang bisa melakukan video call tersebut, namun ia mengatakan bahwa fitur ini akan dirilis pada bulan Mei 2021.

Sebelumnya Telegram sudah menawarkan layanan video call untuk pengguna di bulan Agustus 2020. Fitur video call yang dilengkapi enkripsi end-to-end pada panggilan video one-on-one, dan juga pengguna bisa mengakses chat atau aplikasi lainnya selama melakukan panggilan. Namun perusahaan belum mengonfirmasi fitur tersebut akan ada di group video call.

Telegram telah berkembang secara signifikan selama pandemi, memanfaatkan peralihan ke bekerja dari rumah dan keinginan umum untuk tetap terhubung dengan aman. Perusahaan mengumumkan telah mencapai 400 juta pengguna aktif bulanan pada April 2020, naik dari 200 juta pada 2018.

Beberapa di antaranya berkaitan dengan pesaingnya, WhatsApp yang memiliki kebijakan privasi barunya kepada pelanggan, dan membuat beberapa pengguna untuk keluar dari aplikasi milik Facebook untuk Telegram dan Signal.(na)