Ternyata Windows 10 Bisa Berjalan di Ponsel Lumia 1520

logo huawei

Baru – baru ini seorang pengguna Twitter bernama Gustav M telah berhasil menjalankan Windows 10 (versi ARM) dan Windows RT pada phablet Microsoft Lumia 1520.

Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa ponsel Windows sudah dihentikan produksinya, bahkan Microsoft sendiri telah menyatakan tidak ada lagi pembaharuan untuk ponsel Windows dan fitur – fiturnya.

Namun, sepertinya ini hanya terjadi di sisi perusahaannya saja. Sejumlah fan berat ponsel Windows besutan Microsoft tersebut berusaha untuk tetap menjaga ponsel Windows tetap hidup dengan berbagai proyek.

Phablet Microsoft Lumia 1520 sebelumnya merupakan perangkat andalan Microsoft. Proyek serupa telah berhasil membuat Windows RT berfungsi pada Lumia 950.

Hal tersebut memungkinkan karena adanya Windows Phone Internals 2.3, dengan menggunakan aplikasi ini pengembang dapat mengakses bootloader dari semua jenis perangkat Lumia dengan menonaktifkan sistem keamanannya, sehingga memungkinkan seseorang mendapatkan akses rootnya dan bisa memasukkan ROM apa saja di Lumia. Ada juga yang mengharapkan target utamanya adalah memasukan sistem operasi Android pada ponsel Windows.

Bukan hanya itu saja, Windows Phone Internals 2.3 juga membuka pintu pada sejumlah proyek – proyek baru. Termasuk salah satunya mengembangkan versi peningkatan dari Proyek Astoria, yaitu sebuah proyek mengembangkan penghubung atau jembatan, sehingga aplikasi Android dapat dijalankan pada ponsel Windows.

Untuk saat ini, apabila kita berbicara mengenai fungsi dari perangkat – perangkat ponsel Windows yang telah bisa menjalankan Windows 10 atau Windows RT, tentu belum banyak yang bisa disampaikan.

Perangkat Lumia 1520 yang berjalan dengan Windows 10 tidak bisa membuat bekerja layar sentuhnya. Walaupun bisa berfungsi, sulit tentunya bila tidak menggunakan mouse dan keyboard, karena grafik antarmukanya tidak di desain untuk layar sentuh berukuran kecil.

Proyek – proyek seperti ini memperlihatkan adanya indikasi bahwa masih ada harapan akan bangkitnya ponsel Windows. Walaupun masih ada tantangan yang cukup besar, yaitu bagaimana membuat sistem operasi Android bisa berjalan di ponsel Windows. Jadi, tidak semua orang seperti Microsoft yang menyerah begitu saja, masih banyak yang mau berjuang untuk ponsel Windows.(hh)

Sumber