Tren Internet of Things Tahun 2019

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Kondsi pasar Internet of Things (IoT) di tahun 2017 tidak memperlihatkan lonjakan yang berarti, keadaan yang terlihat tenang ini bisa jadi karena vendor IoT tengah mempersiapkan produk yang akan memberikan dampat nyata pada tahun 2019.

Di tahun ini terlihat adanya indikasi semakin banyaknya vendor yang berusaha untuk membuat produk dan layanan IoT yang layak serta lebih mudah untuk digunakan. Adanya perkembangan baru seperti 5G dan kota pintar akan membawa mereka tambahan kompleksitas untuk bersaing.

Kemungkinan adanya peningkatan di Pasar IoT bakal terjadi, apalagi dengan adanya fokus dari yang tinggi dari para vendor besar selama setahun terakhir ini.

Vendor-vendor seperti Splunk dan Google Cloud telah memperlihatkan adanya peningkatan selama tahun 2018, diharapkan pada tahun 2019 akan lebih banyak lagi menghasilkan hal yang sama.

Sebuah perusahaan konsultan analis bernama Forrester memperkirakan bahwa aplikasi B2B IoT akan meningkat pesat tahun depan, sementara B2C akan terus menemukan pijakannya. Ini memprediksi bahwa 85 persen perusahaan akan mengimplementasikan atau berencana untuk mengimplementasikan solusi IoT pada tahun 2019. Implementasi IoT diperkirakan akan meningkat khusus di industri manufaktur, perawatan kesehatan, ritel dan utilitas.

Sementara itu, menurut IndustryARC, pasar Industrial IoT (IIoT) diperkirakan akan mencapai lebih dari 123 miliar dolar pada tahun 2021.

Hal ini dikarenakana memanasnya perlombaan di antara vendor dan akan lebih banyak perusahaan industri dan manufaktur yang diharapkan untuk mengadopsi IoT pada 2019 daripada tahun sebelumnya.
Sebuah laporan lain dari Statista memperlihatkan bahwa industri manufaktur, transportasi, logistik, dan utilitas diperkirakan akan menghabiskan dan sebesar 40 miliar dolar masing-masing untuk platform dan layanan IoT pada tahun 2020.

Bahkan berdasarkan fakta-fakta dari hasil penelitian yang dilakukan oleh GE Digital menemukan bahwa 22 persen organisasi percaya bahwa platform industri yang siap untuk IoT adalah teknologi paling penting untuk berinvestasi.

Menurut perusahaan perangkat lunak Arm, tahun 2019 diharapkan terlihat adanya pertumbuhan dalam ketersediaan IoT untuk produk rumah pintar, karena perluasan produk konsumen yang lebih dari sekedar pencahayaan, pemanasan, pendinginan dan perangkat lain di rumah pintar. Jadi bukan hanya memberikan peningkatan otomatisasi dan efisiensi untuk tugas sehari-hari saja.

Walaupun demikian, keamanan IoT akan tetap menjadi perhatian besar. Karena tahun lalu saja banyak masalah terkait keamanan IoT muncul menjadi berita utama. Oleh karena itu para vendor perlu focus juga dalam mengembangkan sistem keamanan pada perangkat dan layanan IoT mereka.(hh)

Sumber