Wah! Bill Gates Bangun Smart City Masa Depan

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Apabila kita ingin benar – benar merubah cara hidup kita, maka yang paling masuk akal kita harus merubah tempat dimana kita ingin tinggal. Masalahnya melakukan perubahan pada sebuah kota memerlukan biaya yang sangat besar. Sebuah proyek untuk membuat kota modern dan membawanya ke masa depan hanya dapat dilakukan oleh orang terkaya di dunia ini. Nah, itulah yang akan dilakukan oleh Bill Gates. Ia akan membangun sebuah kota pintar masa depan.

Saat ini banyak sekali bentuk teknologi yang telah menyatu dalam kehidupan kita. Namun, kita juga tidak bisa melupakan bahwa pondasi dimana kita hidup saat ini merupakan hasil dari perubahan dari abad ke abad.

Seperti dilansir dari The Verge, Bill Gates pada tahun 2017 ini masih dianggap sebagai salah orang terkaya di dunia. Walaupun Jeff Bezos dari Amazon berhasil melampuinya. Untungnya bagi dunia ini, Bill Gates bukanlah seseorang yang senang menikmati uang. Malah sepanjang hidupnya ia selalu memulai bermacam – macam proyek.

Belmont Partners merupakan salah satunya, sebuah perusahaan properti yang telah menginvestasikan dana sebesar 80 juta dolar Amerika untuk membeli tanah seluas 10,117 hektar. Tanah ini terletak di sebelah barat kota Phoenix, di negara bagian Arizona.

Komunitas yang nantinya lahir di wilayah tersebut akan disebut dengan Belmont yang ditargetkan untuk menjadi sebuah kota pintar (smart city). Proyek ini akan sangat berbeda dengan proyek properti pada umumnya. Ini disebabkan oleh fokusnya yang melihat masa depan yang sebagai tujuannya. Penerapan segala bentuk teknologi akan menjadi tujuan utama, dimulai dengan integrasi dengan jaringan berkecepatan tinggi berikut data center di dalam infrastrukturnya.

Metode pembangunan yang digunakan juga baru, jalan – jalan akan didesain untuk penggunaan mobil tanpa pengemudi. Selain itu akan tersedia pusat logistik otonom untuk mendistribusikan barang – barang secara otomatis.

Tanah seluas 1,500 hektar akan didedikasikan untuk ruang komersial dan perkantoran. Sementara 190 hektar untuk sekolah dan secara total diharapkan akan dapat dibangun sebanyak 80,000 rumah.

Kota pintar milik Bill Gates ini bukanlah satu – satunya yang sedang dalam persiapan. Seperti kita ketahui Google pun tengah tertarik untuk membangun sebuah kota. Sebuah kota yang berdasarkan filosofi mereka dan teknologi yang mereka miliki. Namun, saat ini semua itu masih berupa tanah kosong.(hh)

Sumber