Waspada! Jangan Klik Pesan Windows ini Atau Komputer Anda Rusak Selamanya

logo huawei

Microsoft akan segera meluncurkan Windows 11 dan para scammers telah mulai menggunakannya untuk menipu dan mendapatkan korban baru. Penipuan yang meyakinkan ini benar-benar dapat mengambil alih PC Anda.

Seperti telah kita ketahui Windows adalah salah satu sistem operasi paling populer di dunia. Faktanya, Windows 10 sudah berjalan di miliaran mesin secara global, meskipun baru berusia beberapa tahun. Sebentar lagi Windows 11 akan menggantikannya, menghadirkan fitur baru dan tampilan yang didesain ulang yang jauh lebih bersih.

Saat ini sudah tersedia dalam bentuk versi beta untuk keperluan pengujian, tetapi versi ini tidak akan dirilis ke masyarakat umum. Jadi peretas sekarang membuat sebuah penipuan dengan mengelabui penggina untuk memasang Windows 11 yang nantinya akan meretas mesin pengguna, hal ini diungkapkan oleh pakar cyber di Kaspersky.

“Cara paling mudah para penjahat siber menipu pengguna adalah dengan menyelipkan sesuatu yang ekstra,” kata Anton V. Ivanov dari Kaspersky seperti dikutip dari The Sun.

Jika Anda menemukan perangkat lunak yang menawarkan Windows 11 online sekarang, abaikan saja. Mengunduh versi uji Windows 11 dimungkinkan, tetapi hanya boleh dilakukan melalui situs web resmi Microsoft. Setiap situs web yang menjanjikan versi lengkap Windows 11 online harus diperlakukan dengan sangat hati-hati.

“Produk anti virus Kaspersky telah berhasil mengkarantina dan menghapus beberapa ratus upaya infeksi yang menggunakan skema serupa terkait Windows 11,” jelas Anton, dari Kaspersky.

“Sebagian besar malware itu terdiri dari pengunduh, yang tugasnya mengunduh dan menjalankan program lain. Dari adware yang relatif tidak berbahaya, ada juga Trojan yang lengkap, pencuri kata sandi, eksploitasi, dan hal-hal buruk lainnya,” imbuhnya.

Salah satu contoh installer Windows 11 palsu yang ditemukan oleh Kaspersky sangat meyakinkan. Ia memiliki nama file 86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe. Bahkan memiliki ukuran file 1,75GB, yang cukup besar untuk menjadi unduhan Windows 11, sehingga membuatnya cukup meyakinkan.

Namun, sebagian besar unduhan adalah formatnya file DLL yang tidak berguna, tetapi penuh dengan informasi. Membuka program instalasi tersebut akan memulai sesuatu yang tampak seperti penginstal Windows. Termasuk perjanjian lisensi, menambah legitimasi yang jelas.

Tetapi perangkat lunak menginstal program “jahat” dapat merusak mesin Anda. Menginstal perangkat lunak pihak ketiga yang tidak dikenal dapat membuat Anda rentan menjadi korban penipuan, mata-mata, ransomware, dan bahkan isi PC Anda akan dihapus.(hh)