Windows 11 Akan Hadir Akhir Bulan Ini

logo huawei

Sebelumnya Microsoft pernah ada pernyataannya yang mengklaim bahwa tidak akan pernah pindah ke Windows 11. Sebaliknya, Windows 10 akan melanjutkan dengan jadwal pembaruan reguler, dengan pembaruan besar dua kali setahun. Namun, dengan proyek Windows 10X sekarang ditangguhkan, sepertinya terjadi perubahan rencana.

Seperti dilansir dari The Verge, event besar untuk hadirnya Windows 11 direncanakan untuk 24 Juni, dan sekarang tampaknya bukan lagi pembaruan untuk Windows 10 yang hadir, kenyataannya bakal ada pengumuman hadirnya Windows 11.

Undangan untuk acara tersebut menjanjikan ‘sekilas tentang apa yang akan terjadi selanjutnya untuk Windows’ dan memperlihatkan refleksi dari logo empat bagian Windows tradisional. Namun, alih-alih bayangannya terbagi menjadi empat bagian, ternyata hanya menjadi dua. Sementara dua bagian itu terlihat sangat mirip dengan angka 11. Di undangan juga mencatat bahwa waktu mulai acara adalah pukul 11 pagi.

Sementara semua ini bisa saja menjadi sebuah acara yang terjadi secara kebetulan. Namun obrolan secara online mengenai hal ini telah menjadi hangat. Terutama tentang tampilan baru yang datang untuk Windows yang telah diberi nama kode Sun Valley. Dan karya desain yang terlihat dari proyek Windows 10X tidak diragukan lagi akan menemukan jalannya ke versi baru sistem operasi.

Semua pembicaraan dan acara mendatang terasa seperti terlalu banyak, sehingga tidak mungkin akan hadir pembaruan Windows 10 besar, jadi semuanya menjadi sesuatu yang lebih besar dari hanya sekedar pembaruan.

Timeliine untuk mengingat kembalo nama Windows telah ada di mana-mana dalam 26 tahun terakhir (dimulai dengan Windows 95). Rentang terpendek adalah antara Windows ME dan Windows XP, yaitu 13 bulan, tetapi ME adalah sebuah kegagalan, dan tidak menjadi sebuah kejutan besar.

Penantian paling lama adalah dari Windows XP ke Vista yang membutuhkan perioder 63 bulan (lebih dari lima tahun). Rata-rata Microsoft mengganti nama Windows adalah sekitar tiga tahun. Windows 10 diluncurkan pada Juli 2015, tetapi rencana awalnya adalah agar versi ini tetap menjadi versi langsung dari sistem operasi yang akan terus diperbarui tanpa rilis baru yang besar untuk menggantikannya.

Selama Build 2021, Nadella berjanji bahwa ini adalah salah satu pembaruan paling signifikan untuk Windows dalam dekade terakhir. Ini sangat menarik terlihat lebih signifikan dari peluncuran Windows 8 pada 2012 dan Windows 10 pada 2015.(hh)