Youtube Uji Coba Fitur Baru Clip

logo huawei

YouTube diketahui sedang menguji fitur baru yang memiliki kemampuan untuk membuat dan berbagi video pendek berukuran bit dari streaming langsung atau video. Fitur ini mirip dengan platform streaming video Twitch. Fitur Clip saat ini dalam pengujian dengan sekelompok kecil saluran, sementara itu YouTube mengumpulkan masukan yang datang.

Dilansir dari Theverge, Clip memiliki durasi maksimal 60 detik dan dapat dibuat dengan memilih tombol “Share Clip”. Dari sana, pengguna akan mendapatkan editor time stamp atau editor garis waktu yang dapat diseret untuk membuat klip, memberi nama, dan membagikannya melalui URL baru. Untuk saat ini, fitur tersebut hanya berfungsi di browser desktop, tetapi dukungan Android dan iOS akan segera hadir.

Berbeda seperti Twitch, tautan klip YouTube akan memuat video asli dengan titik awal dan akhir pada bilah pencari. Fitur ini akan memiliki tombol besar berwarna biru “Tonton Video Lengkap” di sebelah kanan video yang akan memulai video lengkap.

Ini adalah langkah cerdas dari YouTube, karena video klip adalah sesuatu dari standar industri streaming langsung. Pembuat konten atau pengguna dapat lebih mudah membagikan konten video langsung melalui klip video pendek yang dapat disebarkan di media sosial, daripada meminta pemirsa untuk melihat-lihat streaming yang berpotensi berdurasi berjam-jam. Setiap platform dari Twitch hingga situs yang ditinggalkan, Mixer telah memutuskan bahwa itu adalah sesuatu yang dibutuhkan pembuatnya.

Clip YouTube yang telah dibuat hanya terdaftar secara pribadi di pengaturan akun pengguna, menjadikannya lebih seperti bookmark pribadi yang dapat dibagikan. Klip pada platform streaming langsung seperti Twitch berfungsi karena streaming Twitch berdurasi berjam-jam dan tidak dapat dibagikan.

YouTube yang menambahkan fitur tersebut hanyalah sinyal lain bahwa raksasa video online itu bermaksud untuk meningkatkan operasi streaming langsungnya. Seperti kebijaksanaan konvensional dalam ruang streamer, Clip membantu saluran berkembang. Clip bagus yang menjadi viral dapat mendatangkan banyak sekali pemirsa baru dan dalam streaming, di mana visibilitas adalah bagian besar dari menciptakan pendapatan yang berkelanjutan.(na)

%d bloggers like this: