Zoom Akuisisi Layanan Enkripsi dan Keamanan

logo huawei

Zoom telah mengakusisi Keybase, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan enkripsi dan keamanan. Layanan ini akan berfungsi sebagai tempat yang aman untuk menyimpan identitas online para penggunanya.

Akuisisi tersebut bertujuan untuk menambah tim pengembang yang berfokus pada keamanan pada Zoom, yang sudah banyak mendapat kritikan dalam beberapa pekan terakhir akibat kegagalan dalam hal keamanan di platform konferensi video tersebut. Salah satu pendiri Keybase, Max Krohn sekarang akan memimpin tim keamanan Zoom.

Dilansir dari situs web Theverge.com, Zoom sedang berupaya untuk membangun enkripsi dari ujung-ke-ujung yang tepat untuk platform konferensi video miliknya sejak dikritik bulan lalu akibat adanya kekeliruan tentang panggilan yang terlihat sepenuhnya dienkripsi. Zoom juga sedang mempersiapkan rancangan desain kebijakan enkripsi yang akan dirilis pada tanggal 22 Mei nanti.

CEO Zoom Eric S. Yuan mengatakan dengana adanya Keybase membawa keahlian enkripsi dan keamanan ke dalam ke Zoom. Zoom telah mengumumkan pembekuan fitur bulan lalu untuk fokus agar dapat focus pada keamanan.

Keybase diluncurkan pada 2014 sebagai direktori untuk kunci enkripsi publik, sejak itu berkembang hingga mencakup fitur ‘secure messaging and file-sharing features’. Profil Keybase berfungsi sebagai pusat identitas online pengguna, Keybase memverifikasi akun milik pengguna yang memang benar-benar aktif.

Dari sana, orang dapat mengunjungi profil Keybase seseorang dan merasa yakin bahwa setiap akun yang diklaim adalah yang asli. Biasanya, profil ini menyertakan kunci enkripsi yang dapat digunakan untuk menghubungi seseorang dengan aman.

Sangat mudah untuk merefleksikan berbagai cara agar Keybase dapat digunakan untuk mengatasi masalah keamanan Zoom, namun belum jelas apa yang akan terjadi pada Keybase untuk sementara waktu ini.

Krohn mengambil alih tim keamanan Zoom dan perusahaan itu belum membuat pernyataan tentang apa artinya ini bagi pengembangan produk-produk Keybase di masa depan. Juru bicara Zoom mengatakan kepada The Verge bahwa pimpinan Zoom dan Keybase akan bekerja sama untuk menentukan masa depan produk Keybase.(na)