Ternyata Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus Masih Bisa Dibaca

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Ditemukan sebuah cara untuk pengguna WhatsApp untuk membaca pesan yang telah dikirimkan dan dihapus. Walaupun hal ini bukanlah sebuah permasalahan yang serius, namun tetap saja ini merupakan penemuan yang aneh.

Belum lama ini aplikasi pesan instant WhatsApp telah meluncurkan fitur untuk dapat menghapus pesan yang telah terkirim. Fitur ini secara efektif akan menghapus pesan tersebut dari sebuah pembicaraan.

Android Jefe sebuah situs yang membahas hal – hal seputar Android, telah menemukan bahwa kita masih dapat membaca pesan yang sudah dihapus melalui log notifikasi pada ponsel Android.

Kita dapat melakukan ini dengan menekan secara lama icon Setting, kemudian ketuk simbol widgets yang muncul diatas windows yang terbuka. Selanjutnya seret widget setting ke home screen (layar utama). Setelah itu, gulir kebawah ke Log Notifikasi dan ketuk log terkait dengan WhatsApp pada daftar.

Alternatif lain, kita dapat mengunduh aplikasi bernama Notification History untuk melihat daftar log notifikasi yang sama.

Ternyata Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus Masih Bisa Dibaca

Kantor berita Indpendent telah mencoba kedua cara dan menemukan bahwa untuk dapat membaca pesan yang telah dihapus, pengguna sebelumnya harus sudah melakukan interaksi pada pembicaraan dimana pesan dihapus berada.

Jadi, kita dapat membaca semua pesan yang telah dihapus apabila kita telah membacanya, termasuk pesan yang dihapus tetapi kita telah geser ketika pesan tersebut pertama kali muncul pada layar sebagai notifikasi.

Namun, kita tidak dapat memulihkan semua pesan yang telah dihapus yang belum kita baca atau sebelumnya kita tidak melakukan interaksi. Tentunya hal ini cukup melegakan bagi yang memiliki banyak grup dan sering salah mengirimkan pesan.

Lagi pula, jika seseorang telah melihat pesan yang secara tidak sengaja telah kita kirimkan sebelumnya dan kita telah berhasil menghapusnya, maka paling tidak kita sudah memperbaiki kesalahan kita.

Setidaknya pikiran kita akan menjadi tenang karena sebuah pesan yang mungkin memalukan telah kita hapus, walaupun sempat terbaca. Nah, dengan adanya cacat ini sayangnya pesan itu masih bisa dibaca.

Sebagai informasi tambahan. Cara – cara diatas hanya bekerja untuk pesan text atau tulisan saja. Selain itu, pesan – pesan tersebut akan hilang dari log notifikasi apabila kita mematikan dan menyalakan ponsel.(hh)

Sumber