14 Ramalan Bill Gates Pada Tahun 1999 Yang Jadi Kenyataan

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Di dalam bukunya Bill Gates berbicara mengenai Internet of Things (IoT), situs – situs yang dapat digunakan untuk berikomunkasi dengan teman dan keluarga, serta personalisasi iklan. Total ada 14 hal yang diramalkannya dan semua itu sepertinya telah menjadi bagian dari hidup kita.

Revolusi industri ke-empat telah membawa perubahan – perubahan yang mendalam dengan bagaimana cara kita bekerja dan melakukan komunikasi yang tidak banyak berani meramalkannya satu dekade yang lalu. Namun, apabila anda seorang Bill Gates, maka anda akan cukup memiliki bekal, pengalaman dan prestise untuk memperkirakan apa yang akan terjadi.

Berikut adalah hal – hal yang diperkirakan oleh Bill Gates bakal menjadi kenyataan.

1. Akan ada otomisasi perbandingan harga layanan

Hal pertama yang diperkirakan oleh Bill Gates bakal ada ialah mengenai otomatisasi perbandingan harga untuk layanan – layanan. Ini akan memudahkan orang utnuk memeriksa penawaran dan tarif dari beberapa situs untuk menemukan produk atau layanan termurah.

2. Kita akan membawa perangkat mobile

Mungkin para fans fanatik Apple akan mengatakan bahwa ponsel pintar adalah ide dari Steve Jobs. Tapi Bill Gates ternyata telah membicarakan mengenai hal ini di dalam bukunya. Ia mengatakan bahwa nanti akan ada perangkat kecil yang memungkinkan kita selalu terkoneksi, memeriksa berita, membeli dan bahkan melakukan hampir apa saja pada perangkat kecil tersebut. Kemudian hadirlah iPhone disusul dengan banyak perangkat lainnya, seperti ponsel pintar, jam pintar dan lain – lain.

3. Manusia akan mengelola keuangan dan kesehatan mereka melalui internet.

Pendiri Microsoft juga meramalkan bahwa suatu hari nanti melalui internet kita akan dapat membayar tagihan – tagihan, mengelola keuangan peribadi dan bahkan melakukan konsultasi dengan dokter.

Saat ini kita tengah berada di sebuah revolusi di bidang kesehatan, dengan diluncurkannya eHealth dan kanal utamanya (mhealth) pada perangkat mobile. Selain itu juga muncul Fintech di sektor keuangan, khususnya di sektor perbankan.

4. Asisten pribadi dan things internet

Bill Gates juga meramalkan bahwa suatu hari nanti kita akan memiliki personal asisten yang akan terkoneksi pada semua perangkat kita. Personal asisten ini akan berperan sebagai manager yang mengelola tugas – tugas kita dan membantu kita menyelesaikan masalah. Bahkan ia juga menjelaskan di bukunya mengenai adanya notifikasi, menjawab pertanyaan, menyiapkan daftar belanja dan menyediakan resep masakan.

Saat ini kita sudah berada di dunia yang semua perangkat adalah IoT dan telah beragam personal asisten muncul seperti Siri, Alexa, Google Now, Cortana dan lain – lain.

5. Video kamera untuk keamanan

Bill Gates memperkirakan di masa depan sebuah rumah akan dipenuhi oleh kamera, dimana kita akan dapat mengetahui apa yang terjadi ketika kita sedang tidak berada di rumah.

Walapun saat ini belum menjadi sebuah tren, tapi sudah ada beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri pada teknologi seperti ini. Salah satunya Ring, sebuah perusahaan pembuat kamera pintar di pintu, untuk melihat siapa yang ada di depan pintu dan PetCube, sebuah perangkat yang memungkinkan kita bermain dengan hewan piaran kita, ketika kita tidak berada dirumah.

6. Situs pribadi untuk teman – teman dan keluarga

Bill Gates memperkirakan akan ada sebuah situs pribadi yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan teman – teman dan keluarga, bahkan dapat digunakan untuk merencanakan sebuah kegiatan. Mungkin yang dimaksudkannya adalah jaringan media sosial yang ada sekarang ini.

7. Promosi otomatis

Walaupun cookies pada browser telah ada sejak tahun 1994, ketika Bill Gates menulis bukunya, kita tidak dapat melihat segemen pengguna seperti sekarang ini. Itulah sebabnya kenapa ia memperkirakan bahwa di masa depan kita akan di hadirkan dengan iklan – iklan dan tawaran yang berhubungan dengan pencarian yang kita lakukan. Malah sekarang setiap pengguna komputer atau internet sering kali menerima promosi ini, yang akhirnya membuat mereka menjadi bosan.

8. Siaran langsung debat sembil menonton kompetisi olahraga

Di dalam bukunya, Bill Gates menulis bawah dalam beberapa tahun mendatang orang dapat memberikan komentarnya sambil menonton sebuah saluran di televisi. Bahkan turut berparitispasi dalam survey untuk melihat siapa yang bakal tampil sebagai pemenang.

Hal ini belum semuanya benar, walaupun ketika melakukan layanan streaming pada YouTube dan beberapa TV online memang telah disediakan fasilitas untuk mengirimkan pesan instan. Mungkin yang lebih mendekati ramalan Bill Gates adalah Twitter, bukan pada sebuah acara televisi.

9. Iklan pintar (Smart ads)

Dengan gaya seperti di Minority Report, pendiri Microsoft juga telah membayangkan dua puluh tahun yang lalu bahwa iklan akan memberikan dampak pada kita semua. Karena dapat di personalisasi dan disesuaikan pada rasa dan kekuatan membeli dari pengguna komputer.

10. Tautan di dalam konten televisi

Bill Gates juga memperkirakan bahwa pada sebuah konten televisi nanti akan ada tautan yang terkait dengan sebuah situs dan konten tambahan.

Yang paling mendekati dengan prediksi Bill Gates adalah QR codes, dimana kita dapat memindainya yang berguna sebagai “Call to Action” agar kita mengunjungi sebuah situs atau mengikuti sebuah akun medial sosial.

11. Internet akan menjadi tetangga yang baru

Bill Gates sendiri tidak dapat membayangkan sejauh mana perkembangan internet. Namun, seperti sesuai perkiraannya, internet saat ini telah menjadi tempat dimana berkumpulnya pengguna dari seluruh dunia dan berbagai kalangan. Dimana mereka bisa memberikan komentar mengenai politik atau hal yang sedang terjadi. Bisa saja dalam bentuk komentar, situs atau melalui jejaring sosial.

12. Aplikasi untuk pengelolaan proyek

Bill Gates bisa melihat potensi besar dari sebuah jaringan dan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dari sebuah perusahaan. Dua puluh tahun yang lalu ia telah meramalkan bahwa seorang manajer proyek dapat bekerja secara remote dengan timnya, memberikan masukan, dan berkolaborasi secara online.

Saat ini hal tersebut sudah jauh melebihi apa yang Bill Gates bayangkan, ada komputer awan yang merupakan bagian dari perusahaan yang tidak hanya menangani proyek.

13. Perusahaan akan merekrut karyawan melalui internet

Bill Gates telah meramalkan bahwa koneksi internet tidak sekedar digunakan untuk sebuah pekerjaan, tapi juga sebagai tempat mencari pekerjaan.

Kita bisa lihat saat ini hadirnya berbagai portal lowongan kerja dan Linkedin yang fungsinya lebih sekedar untuk mencari kerja.

14. Platform freelance

Hadirnya koneksi internet tentu menjadikannya sebagai sebuah tempat untuk melakukan out source pada sebuah proyek. Dimana kita dapat mencari staff freelance untuk mengerjakan proyek yang kita dapatkan. Perusahaan cukup memasang tawaran dan informasi mereka, seperti portofolio, layanan dan tarif.

Saat ini banyak platform freelance yang dapat kita temukan di internet, seperti Freelance, Uppwork, Odest dan lain – lain.(hh)