7 Fitur Dari Google yang Mungkin Tidak Pernah Kita Gunakan

logo huawei

Menurut laporan terbaru, Google menangani rata-rata 2,3 juta pencarian setiap detik. Tidak diragukan lagi, Google adalah sumber pencarian yang sangat diandalkan. Kita semua sudah pasti sering menggunakannya, bahkan kata-kata “Google” sendiri telah menjadi sebuah kata kerja.

Tapi kebanyakan dari kita menggunakan Google hanya sekedar untuk mencari artikel, produk dan juga website-website. Namun sebenarnya Google telah menyediakan lebih dari sekedar itu. Berikut beberapa fitur dari Google yang mungkin akan sering kita gunakan nantinya:

1. Menemukan penerbangan terbaik dan termurah

Ada banyak situs jasa travel di internet yang bisa membantu kita memesan tiket untuk penerbangan, dan hotel. Tapi kita juga bisa menggunakan Google Flight Search dimana kita bisa menggunakannya untuk melakukan pencarian yang lebih sederhana guna menemukan tiket dengan harga yang sesuai bujet kita.

Google Flight Search menyediakan akses cepat untuk mendapatkan informasi dari berbagai situs maskapai dan agen travel di sebuah tempat. Fasilitas yang disediakan hampir sama dengan situs lainnya yang serupa, seperti informasi mengenai maskapai penerbangan, memantau tingkat dan tren harga.

Untuk melakukan pemesanan juga mudah. Cukup pilih penerbangan yang kita inginkan dan ikuti petunjuk untuk membeli tiket.

2. Membangun Sesuatu Menggunakan Lego

Tidak semua yang kita lakukan di Google harus praktis. Suatu saat kita hanya perlu waktu untuk istirahat, mungkin permainan teka-teki dan permainan Lego adalah hal yang baik untuk otak kita serta menunggu kembalinya energi di badan kita. Dan jika sudah punya anak di rumah, kita bisa tunjukkan ini pada mereka.

Sebuah script atau plug in dapat ditambahkan pada browser Chrome atau Firefox, yang nantinya akan bisa menghubungkan ke sebuah layanan gratis bernama Lego Builder. Melalui layanan tersebut akan memungkinkan kita untuk membuat model dari Lego. Model yang sudah jadi dapat disimpan di penimpanan cloud, di mana kita bisa berbagi dan melihat model yang telah dibuat oleh orang-orang lain.

3. Memantau Waktu

Katakanlah kita ingin mengetahui waktu di tempat lain di dunia. Cukup ketik ” What time is it in [location]?” Untuk mendapatkan jawabannya. Kita juga dapat meminta Google untuk memberikan informasi perbedaan waktu antara dua hampir di mana saja di dunia.

Google juga dapat membantu kita untuk tetap pada jadwal. Ketik ” Set a timer for [x] minutes,” dan Google akan menampilkan timer. Ada fasilitas stopwatch tersedia di sebelah kanan jendela waktu.

Ketika kita ingin mengetahui apakah lebih baik untuk terbang atau mengemudi ke suatu tempat, ketik ” How long does it take to get to [destination]?” Google memberikan perkiraan waktu untuk mencapai tujuan termasuk informasi adanya pembangunan jalan atau penundaan.

Namun sayangnya perintah-perintah diatas hanya bisa menggunakan bahasa Inggris, belum bisa menggunakan bahasa Indonesia.

4. Menterjemahkan Bahasa

Untuk kita yang hobi berwisata atau sedang mencoba untuk mempelajari bahasa baru, Google dapat membantu kita untuk mengatasi masalah bahasa. Google Translate adalah sebuah fitur yang terintegrasi langsung ke mesin pencari Google biasa, sehingga kita tidak perlu membuka atau mengunjungi halaman lain.

Untuk menerjemahkan dengan Google, ketik “Translate” di bar pencarian. Ini akan menampilkan dua kotak di hasil pencarian. Kotak di sebelah kiri adalah untuk bahasa yang kita ingin terjemahkan, dan kotak di sebelah kanan adalah untuk menampilkan hasil terjemahan dalam bahasa yang kita pilih untuk menerjemahkan.

Ada tab di atas setiap kotak yang memungkinkan kita untuk memilih lebih dari 100 bahasa, seperti bahasa Italia, Prancis, Rusia, dan Spanyol, dan bahkan untuk bahasa yang kurang dikenal, seperti Islandia.

5. Menghitung Kalori

Mungkin kita pernah bertanya-tanya berapa banyak kalori dalam makanan yang kita makan. Kita dapat mengetahuinya melalui Google cukup dengan mengetik, ” How many calories does [food item] have?” dan Google akan memberitahu berapa besar kandungan kalorinya. Selain jumlah kalori informasi mengenai ukuran porsi dan bahan-bahan tambahan yang digunakan juga diperhitungkan dalam menghitung jumlah kalori secara keseluruhan.

Kita juga bisa menggunakannya untuk membandingkan jumlah kalori dari makanan yang berbeda. Sebagai contoh, kita akan makan-makan dengan teman-teman diluar, tetapi tidak ingin sampai berlebihan. Silakan, meminta Google untuk memberikan informasi jumlah kalori dari makanan yang akan kita santap nanti.

6. Menjelajah Angkasa

Tidak hanya untuk mencari lokasi planet, kita juga bisa melihat luar angkasa dengan menggunakan gambar yang diambil dari teleskop, probe dan satelit. Cara kerjanya hampir sama seperti Google Earth. Kita dapat mencari item di bar pencarian pada bagian atas dan Google Sky akan menampilkan gambar terbaru dari bintang-bintang, planet dan galaksi yang sedang kita cari.

Kemudian ada juga fasilitas di bagian bawah halaman untuk mengarahkan Anda ke bagian populer dan yang menarik dari peta, seperti gambar dari Teleskop Hubble dan foto-foto dari tata surya kita.

Selain peta standard yang disediakan, kita juga bisa melihat gambar inframerah dan microwave ruang angkasa. Kita juga dapat melihat peta bersejarah untuk bintang-bintang yang dibuat oleh Giovanni Maria Cassini pada tahun 1792. Untuk menambah hiburan, gambar-gambar yang berbeda bisa ditumpukkan di atas satu sama lain untuk melihat bagaimana perbandingannya.

7. Menggunakan Google seperti seorang profesional

Jika kita sedang mencari jawaban dan kita tidak punya waktu untuk mencarinya melalui halaman mesin pencari, dan kita juga ingin mencari hasil yang paling akurat secepat mungkin. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik, berikut adalah beberapa rahasianya.

Salah satu trik yang paling mudah adalah dengan menempatkan kata pencarian di antara tanda kutip. Ini akan memberitahu Google untuk mencari kata pencarian yang tepat, bukan mencari kata kunci di mana saja di sebuah artikel.

Bila kita sedang mencari sesuatu di situs tertentu, bisa juga dimulai pencarian tepat di homepage Google. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Cara pertama adalah dengan mengetikkan nama website di address bar, diikuti dengan titik dua. Lalu tekan spasi dan ketik istilah pencarian Anda.

Misalnya, “komando.com: tip baterai smartphone.” Cara lain untuk melakukan ini adalah untuk memasukkan nama situs bersama dengan kata pencarian Anda, seperti “komando.com smartphone tip baterai.”

Salah satu dari pilihan ini akan membatasi pencarian Google untuk menemukan konten di situs tertentu.

Jika Anda sedang mencari informasi dalam periode tanggal tertentu, untuk ini kita dapat menemukan hasil yang lebih cepat dengan memasukkan dua titik diantara tanggal-tanggal tertentu. Misalnya, “top band rock 1960 .. 1980.”

Dengan menggunakan fitur-fitur ini akan membantu kita menentukan informasi yang dibutuhkan tanpa membuang-buang waktu pada konten yang nyaris tidak memenuhi kriteria pencarian Anda.