Mengenal Lebih Jauh Tentang Iklan Netflix

Netflix, layanan video berlangganan terbesar di dunia, tumbuh menjadi raksasa sebagian berkat strateginya membuat acara dan filmnya tersedia dalam pesta bebas iklan. Pada saat TV tradisional yang dikemas secara komersial mendominasi, Netflix menempatkan dirinya sebagai alternatif yang tidak akan memutus aliran program Anda dengan iklan, juga tidak akan membuat Anda menunggu dari minggu ke minggu untuk episode berikutnya. Membangun dirinya menjadi raksasa dengan menjadi pelawan, Netflix menghabiskan bertahun-tahun mengabaikan gagasan beriklan di layanannya.

Hampir semua perusahaan media besar Hollywood telah meluncurkan layanan streaming mereka sendiri untuk menghadapi Netflix, termasuk Apple TV Plus, Disney Plus, HBO Max, Peacock, dan Paramount Plus. Dan saat diluncurkan, mereka memperkenalkan fitur yang kini telah menjadi norma industri yang diharapkan pelanggan seperti yang Anda harapkan, termasuk opsi untuk membayar lebih sedikit jika Anda menonton iklan.

Hampir setiap pesaing baru Netflix menawarkan tingkat yang lebih murah dengan iklan. (Dan satu-satunya penentang selain Netflix, Apple TV Plus, dilaporkan mempertimbangkan iklan juga.) Sekarang Netflix, berurusan dengan penurunan keanggotaan pertama dalam satu dekade, telah berbalik arah dengan cepat meningkatkan iklan juga.

Menurut cnet.com, perusahaan belum secara resmi merinci rencananya untuk iklan, tetapi inilah hal utama yang perlu diketahui.

Apakah Netflix memiliki iklan?
Belum. Saat memperkenalkan iklan, iklan hanya akan muncul di tingkat langganan baru yang didukung iklan. Jika Anda ingin terus menonton Netflix tanpa iklan, layanan ini akan tetap memiliki keanggotaan bebas iklan yang sama.

Kapan Netflix akan meluncurkan iklan?
Netflix belum mengumumkan tanggalnya, tetapi laporan terbaru menunjukkan itu bisa terjadi pada 1 November.

Akankah Netflix menaikkan harga saat meluncurkan tingkat yang didukung iklan?
Sepertinya Netflix tidak akan menaikkan harga untuk langganan bebas iklannya saat meluncurkan opsi yang didukung iklan. Kenaikan harga selalu memungkinkan, tetapi Netflix menyebut keanggotaan yang akan datang sebagai tingkat berharga lebih rendah.

Di masa lalu, Netflix telah menaikkan harganya kira-kira setiap dua tahun, tetapi akhir-akhir ini telah mempercepatnya. Kenaikan harga terakhirnya di AS diumumkan pada bulan Januari, yang hampir tidak lebih dari satu tahun setelah yang sebelumnya. Irama yang lebih cepat ini mungkin terasa seperti peringatan akan lebih banyak kenaikan yang akan datang, tetapi setiap kali Netflix menaikkan harga, itu juga harus berurusan dengan apa yang dikenal sebagai churn, atau tingkat pembatalan.(ra/hh)