Agustus 2019 Aplikasi Android Harus Dukung 64-bit

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Sejak hadirnya Lollipop pada tahun 2015, Android telah mendukung aplikasi 64-bit. Namun, dukungan terhadap aplikasi 64-bit ini belum terlalu diperlukan. Sekarang Google telah memutuskan bahwa pada Agustus 2019, aplikasi Android harus sudah mendukung 64-bit.

Belum bisa dipastikan apakah kompatibilitas untuk 32-bit akan tetap ada atau tidak. Google sepertinya menginginkan 32-bit menjadi sebuah masa lalu. Jadi bisa saja nanti akan ada perangkat Android yang hanya mendukung 64-bit. Oleh karena itu sangat penting bagi para pengembang aplikasi bersiap – siap untuk memberikan dukungan 64-bit pada produknya.

Disamping itu, ada persyaratan lain yang akan hadir lebih dahulu dari pada aplikasi yang mendukung 64-bit. Pada Agustus 2018, aplikasi baru akan ditargetkan untuk pemograman antar muka di Android Oreo.

Tapi pada saat implementasinya tidak harus memerlukan Oreo, hanya saja fitur – fitur baru tentu tidak dapat dihadirkan. Selain itu, pembaharuan aplikasi juga dimajukan sampai bulan November dan Google akan menginformasikan hal – hal yang diperlukan setiap tahunnya untuk membuat para pengembang terus berinovasi.

Awal 2018 akan ditandai dengan hadirnya pembaharuan keamanan. Para pengembang tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini, karena sebelumnya telah banyak pembaharuan keamanan dilakukan. Jadi pada pembaharuan keamanan pada awal tahun 2018 untuk memastikan bahwa aplikasi di distribusikan melalui Play Store. Sebut saja ini sebuah tanda “lencana keaslian” dari Google.

Sebenarnya Google bukanlah satu – satunya yang berada di teknologi 64-bit untuk perangkat mobile. Apple telah lebih dahulu melakukannya, pada bulan Februari 2015, Apple telah mulai mengharuskan aplikasi memiliki dukungan untuk 64-bit. Ketika iOS 11 hadir, dukungan untuk 32-bit dihilangkan.

Dengan adanya keharusan bagi aplikasi untuk memiliki dukungan 64-bit, maka akan menimbulkan dampak yang cukup besar pada dunia ponsel pintar. Dikarenakan sekarang para pengembang tidak memiliki pilihan lain, maka kita akan dapat melihat secara keseluruhan untuk dukungan fitur akan lebih baik.

Adanya keharusan untuk dukungan 64-bit ini tidak akan membuat aplikasi menjadi lebih cepat dan baik, tapi setidaknya akan memberikan semangat pada para pengembang untuk melakukan sentuhan ataupun perbaikan pada aplikasi mereka, jangan sampai mereka terlalu nyaman dengan aplikasi 32-bit.(hh)

Sumber