Akhir Windows 7 Adalah Akhir Dari Era PC

logo huawei

Hanya dalam beberapa hari lagi Microsoft akan menghentikan dukungannya untuk Windows 7, ini artinya tidak ada lagi perbaikan bug atau pembaruan untuk jutaan PC yang masih menggunakan sistem operasi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 itu.

Seperti dilansir dari ZDnet, dalam banyak hal keberhasilan Windows 7 untuk PC, dan khususnya untuk Windows sendiri, telah banyak dicintai oleh pengguna PC dan admin dalam satu dekade terakhir ini dan menjadi pengganti yang jauh lebih baik dari Windows Vista yang banyak mendapatkan kritik.

Selain itu, Windows 7 memiliki pengguna yang sebagian besar mengabaikan kehadiran Windows 8 dan hanya beberapa saja yang melakukan migrasi ketika Windows 10 hadir yang memang terasa dapat diandalkan dan nyaman untuk digunakan.

Bahkan dengan menjelang berakhirnya dukungan dari Microsoft, masih banyak penggemar Windows 7 yang tetap setia menggunakannya. Meskipun sebagian besar bisnis telah mengambil langkah untuk melakukan migrasi, tetapi masih banyak konsumen yang bergantung pada sistem operasi favorit mereka.

Saat ini masih ada sekitar 1,2 miliar PC yang menggunakan Windows di seluruh dunia, dengan sekitar satu miliar menggunakan Windows 10 dan sebagian besar sisanya masih menggunakan Windows 7. Jadi ini berarti di suatu tempat masih ada sekitar 200 juta PC yang menggunakan sistem operasi yang sudah ketinggalan zaman, dan tidak ada dukungan untuk perbaikan celah keamanan baru.

Era Windows 7 bertepatan dengan puncaknya era PC, dan akhir dari Windows 7 menandai akhir era PC juga.

Ketika Windows 7 diluncurkan, Android dan Play Store, iPhone dan app store-nya ada tetapi masih baru, belum ada table pc. Jika semua orang melakukan pekerjaannya atau hampir semua hal dilakukan di computer atau PC.

Sementara itu, penjualan PC telah menurun selama tujuh tahun terakhir. Penggunaan PC telah digantikan oleh smartphone, tablet atau asisten digital yang diwujudkan dalam berbagai perangkat lain. Jadi PC serta Windows bukan lagi produk yang menentukan untuk Microsoft seperti dulu.

Bukan berarti PC sudah berakhir hanya saja sekarang ada banyak pilihan lain. Orang dapat menggunakan tablet atau mendikte kata-katanya melalui ponsel pintar. Dengan banyaknya perangkat alternative banyak juga orang yang pekerjaannya hampir tidak menyentuh PC sama sekali.

Microsoft pun telah melakukan inovasi dengan mengembangkan Microsoft’s Surface. Sebuah PC yang sangat mirip tablet, misalnya seperti Lenovo X1 Fold yang layarnya dapat lipat, sehingga berbentuk tablet, atau laptop mini atau pun desktop. PC yang dapat dilipat dan dilepas sekarang menjadi bagian dari tren teknologi.(hh)