Akses Langsung WhatsApp, Facebook Messenger dan Telegram di Opera Browser

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Di dunia aplikasi penjelajah internet atau browser, Opera mungkin kurang mendapatkan perhatian dari para netizen. Walaupun demikian Opera terus berjuang dengan keras menambah fitu-fitur baru untuk menarik perhatian para pengguna.

Penambahan fitur terbaru adalah adanya integrasi dengan aplikasi pesan instan pada antarmuka aplikasi browsernya. Ini dapat ditemukan pada ‘sidebar’, dan pengguna dapat langsung masuk kedalam akun WhatsApp, Facebook Messenger dan Telegram. Para pengguna bisa langsung mengirimkan pesan instan melalui aplikasi penjelajah tersebut.

Jadi tidak perlu direpotkan untuk membuka semua aplikasi pesan instan itu di komputer dan dapat tetap fokus di komputer. Serta tidak harus setiap saat melihat atau membuka ponsel pintarnya.

Fitur ini pada awalnya hadir di aplikasi penjelajah internet experimental milik perusahaan tersebut, yaitu Neon Browser. Neon Browser merupakan aplikasi penjelajah dimana semua ide-ide aneh yang muncul di uji cobakan. Sebelum akhirnya dipasang pada Opera Browser sebagai pelengkap dari lahirnya Opera Browser versi terbaru yaitu “Opera Reborn”.

Disamping penambahan fitur untuk aplikasi pesang instan, pihak Opera juga mendesain ulang tampilannya, menambah animasi pada iconnya, menyediakan berbagai themes berwarna-warni, dan menyediakan mode gelap.

Fitur-fitur pada versi sebelumnya juga tetap dihadirkan di versi terbaru, seperti pilihan untuk memblok iklan dan menyediakan akses ke VPN gratis yang tidak ada batasan pada layanan tersebut.

Sama halnya dengan pembaharuan yang sebelumnya pernah dilakukan, fitur baru ini masih terasa kurang menarik. Memang cukup menyenangkan dapat mengakses aplikasi pesan instan pada aplikasi penjelajah internet. Namun, kehadirnnya membuat antarmukanya terkesan terlalu rame.

Pihak Opera sendiri mengatakan bahwa kehadiran fitur baru tersebut, dapat menghemat waktu pengguna. Walaupun sebenarnya pengguna juga bisa menghemat waktu dengan mengakses aplikasi pesan instan dengan menggunakan tombol Alt-Tab.

Namun, itu ada sebuah cara yang dilakukan oleh Opera yang membedakan dirinya di dalam sebuah kompetisi. Mungkin saja dalam prosesnya nanti mereka akan mendapatkan beberapa penggemar baru.(hh)