Alasan Kenapa Kita Harus Perbarui Chrome Sekarang!

logo huawei

Google kembali dengan peringatan lain kepada miliaran pengguna Chrome. Perusahaan teknologi asal Amerika itu baru saja mengeluarkan peringatan darurat setelah pakar keamanan menemukan dua kerentanan baru dalam browser web populer milik mereka.

Tentu saja, gangguan dan bug yang mengganggu ditemukan sepanjang waktu, tetapi yang membuat peringatan ini begitu serius adalah bahwa masalah terbaru ini telah diberi label Zero-day. Label ini sendiri mempunyai arti yaitu peretas mungkin telah mengeksploitasinya.

Peringatan zero-day adalah mimpi terburuk setiap pemilik gadget. Karena zero-day berarti mungkin dan sangat mungkin  bug tersebut diketahui oleh para penjahat dan sedang digunakan secara aktif saat ini. Itu sebabnya Google bergegas merilis patch vital ini dengan sangat cepat.

Rilis baru yang disebut 94.0.4606.71 memperbaiki total empat masalah dengan dua di antaranya dianggap berisiko tinggi.

Menurut express.co.uk, Perusahaan tidak mengungkapkan lebih banyak tentang kekurangannya sampai dipastikan bahwa sebagian besar pengguna telah mengupgrade browser mereka. Tetapi, hal itu jelas serius! Jadi,  jangan tunda untuk memastikan PC Anda terus up to date atau pastikan telah menggunakan versi terbaru.

Google mengatakan update tersebut akan diluncurkan pada Windows 10, Linux dan Mac selama beberapa hari mendatang dan disarankan agar semua pengguna menginstalnya sesegera mungkin.

Melakukan konfirmasi mengenai masalah tersebut, Google mengatakan dalam sebuah posting di blognya. Dalam isi postingan tersebut google mengatakan bahwa Google menyadari eksploitasi untuk CVE-2021-37975 dan CVE-2021-37976 telah beredar luas.

“Kami ingin berterima kasih kepada semua peneliti keamanan yang bekerja sama dengan kami selama siklus pengembangan untuk mencegah keamanan mencapai kestabilan.” Tambahnya.

Jika Anda menggunakan Chrome, sebaiknya periksa apakah PC Windows 10, Mac, atau Chromebook Anda telah menjalankan perangkat lunak terbaru.

Untuk melakukan ini, cukup buka browser Anda, buka Chrome di pilihan menu dan ketuk Tentang Chrome atau About Chrome.

Pada opsi anda akan melihat versi Chrome yang Anda sedang gunakan dan mengetahui apakah browser Anda siap untuk ditingkatkan versinya atau tidak. Jika nomor versi 94.0.4606.71, maka PC Anda harus dilindungi.

Ancaman baru ini muncul hanya beberapa minggu setelah Chrome menjadi sasaran masalah Zero-day lainnya.

Perusahaan teknologi raksasa ini bergegas untuk memperbaiki kesalahan yang mengkhawatirkan tersebut karena dianggap bahwa peretas menyadarinya dan secara aktif telah mengeksploitasi masalah tersebut.(ra/hh)

%d bloggers like this: