Alasan Mengapa Python Bukan Bahasa yang Ideal untuk Membuat Aplikasi Mobile

logo huawei

Python adalah bahasa pemrograman yang sangat populer, yang paling populer ketiga di dunia, menurut indeks TIOBE. Bahasa pemrograman ini banyak digunakan dalam komputasi ilmiah dan numerik, pendidikan, dan pengembangan web, dan Anda mungkin berinteraksi dengan hal-hal yang dikodekan dengan Python setiap hari.

Seperti yang Anda ketahui, Python banyak digunakan di desktop dan pengembangan sisi server web. Oleh karena itu, ini tidak dianggap ideal untuk pengembangan aplikasi seluler dan pengembangan game karena konsumsi lebih banyak memori dan kecepatan pemrosesan yang lambat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain. Berikut adalah alasan mengapa Python bukan pilihan ideal untuk pengembangan aplikasi seluler:

  1. Kesulitan dalam Menggunakan Bahasa Lain
    Banyak programmer tidak suka menulis kode dalam bahasa pemrograman lain. Ini karena persepsi mereka bahwa bahasa lain secara signifikan lebih sulit untuk digunakan. Mereka mungkin terbiasa dengan pengkodean dengan Python, bahasa pemrograman paling ramah pengguna di dunia.
  2. Lebih lambat untuk dieksekusi
    Python jauh lebih lambat daripada bahasa pemrograman lain seperti Java, C++, PHP, Javascript, Swift, dan lainnya dalam hal waktu eksekusi. Ini adalah perhatian utama bagi programmer ketika membuat program besar dengan banyak baris kode. Python adalah bahasa pemrograman dengan pengetikan dinamis. Artinya, ia melakukan banyak tugas pemrograman yang sama dengan yang dilakukan bahasa pengkodean statis selama kompilasi runtime.
  3. Konsumsi Memori Tinggi
    Python tidak selalu merupakan pilihan ideal untuk beban kerja intensif memori. Konsumsi memori Python sebagian besar karena keserbagunaan tipe data. Ketika objek tidak lagi dalam ruang lingkup, Python melakukan pengumpulan sampah otomatis. Python berusaha mengurangi banyak kerumitan memori dinamis yang dibutuhkan program seperti C dan C++ sebagai hasil dari fitur ini. Namun, berurusan dengan memori dinamis dalam sistem Python yang besar dan berjalan lama bermasalah.

Jika Bukan Python, lalu apa?
Ketahuilah bahwa Python tidak dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler selain opsi apa yang Anda miliki? Bahasa pemrograman apa yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler? Menurut analyticsinsight.net, berikut adalah bahasa pemrograman terbaik yang tersedia untuk mengembangkan aplikasi seluler:

  • Java
  • JavaScript
  • C/C++
  • Swift
  • Kotlin

(ra/hh)

%d bloggers like this: