AMD Kalahkan Intel Dalam Penjualan Ritel CPU Desktop

logo huawei

Salah satu tantangan pengembangan semikonduktor adalah terputusnya hubungan saat perusahaan mulai mengerjakan suatu proyek dan saat membicarakan pekerjaan itu. Misalnya: Saat ini, AMD memiliki tim yang mengerjakan Zen 5, bahkan sebelum Zen 4 dikirimkan. Pada saat Zen 5 sudah dekat, orang-orang yang membangunnya akan pindah ke proyek lain.

Itulah masalah yang dialami AMD dengan CPU desktop Ryzen-nya untuk sementara waktu, tetapi data penjualan baru dari salah satu pengecer perangkat keras komputer terbesar di Jerman mengungkapkan bahwa Intel masih melakukan perlawanan.

Seperti dilansir dari Techspot, rincian data tersebut berasal dari ingebor seorang pengguna Reddit, yang secara rutin membagikan data mengenai pasar CPU desktop, dan merinci penjualan CPU desktop dari Mindfactory.

Menurut data tersebut, 85 persen penuh prosesor yang dijual oleh Mindfactory pada Mei 2021 berasal dari AMD, menyisakan hanya 15 persen untuk Intel. Pada bulan Juli, Intel telah menutup celah sedikit dan menangkap 24 persen dari penjualan prosesor.

Meskipun data tersebut dikumpulkan hanya melalui satu pengecer, tetapi trennya konsisten dengan apa yang dapat kita lihat di pengecer lain. Seperti misalnay di Amazon delapan dari 10 CPU terlaris adalah chip AMD. Di Newegg, tujuh dari 10 chip teratas berasal dari AMD.

Ini juga bukan kasus CPU yang lebih murah yang bisa mengubah hasil. Baik di Amazon dan Newegg, Ryzen 9 5950X dengan harga sekitar $800 adalah prosesor desktop terlaris keenam. Itu membuat Anda bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi jika dua chip Zen 3 tercepat AMD — 5950X dan 5900X — secara rutin kehabisan stok di awal.

Hal lain yang dilakukan Intel adalah peluncuran Alder Lake yang tertunda. Chipzilla diharapkan untuk mengungkap chip Alder Lake kelas atas di sebuah acara pada bulan Oktober tetapi dapat menyelamatkan sisa lineup untuk CES 2022 pada awal Januari.

Alder Lake akan menjadi chip pertama perusahaan yang menggunakan arsitektur big.LITTLE dan diharapkan kompatibel dengan motherboard Z690. Laporan sebelumnya menunjukkan chipset Z690 akan mendukung DDR4 dan DDR5 dan dapat mendukung PCIe 5.0.

%d bloggers like this: