Amerika Umumkan Adakan Riset Untuk Nirkabel 5G

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Agar dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di dunia teknologi mobile, pemerintah Amerika Jumat lalu menginformasikan bakal mengeluarkan dana lebih dari 400 juta dolar AS guna membiayai riset nirkable 5G.

Dalam sebuah pernyataannya pihak Gedung Putih menyampaikan bahwa nanti akan diluncurkan empat platform untuk pengujian skala kota sebagai keperluan riset nirkabel 5G. Proyek riset itu disebut “Advanced Wireless Research Initiative”, yang diketuai oleh National Science Foundation (NSF). Seperti yang dikutip dari Tekno Tempo.

Lebih dari 20 perusahaan dan asosiasi sektor swasta, diantaranya Intel, Samsung, dan AT&T, telah menjanjikan akan menyumbangkan dana sebesar lebih dari 35 juta dolar AS secara tunai. Sementara NSF memiliki komitmen untuk memberikan dana lebih dari 50 juta dolar AS agar dapat mewujudkan pembuatan platform untuk riset tersebut.

Untuk penelitian akademik mengenai bagaimana memanfaatkan platform pengujian, NSF akan mengeluarkan dana sebesar 350 juta dolar AS untuk periode tujuh tahun ke depan.

Komisi Komunikasi Federal mengambil keputusan guna memulai membuka beberapa spektrum frekuensi tinggi agar Amerika siap dengan nirkable 5G. Dengan adanya keputusan inilah maka pengumuman dikeluarkan oleh pemerintah AS.

“Secara kolektif, upaya kebijakan spektrum dan penelitian ini akan mempercepat penyebaran generasi baru jaringan nirkabel hingga 100 kali lebih cepat dari hari ini,” demikan isi pernyataan Gedung Putih.

“Jaringan super cepat, latensi ultra-rendah, dan berkapasitas tinggi ini akan memungkinkan aplikasi terobosan bagi konsumen, kota-kota cerdas, dan Internet of Things yang bahkan belum dapat dibayangkan hari ini.”

Pemerintah AS mempaparkan kemungkinan kemajuan inisiatif yang diambil ini dapat menolong membawa AS ke dekade selanjutnya.

Dengan nirkabel 5G nanti pengguna bisa mendownload film HD lengkap yang waktunya akan kurang dari lima detik, ini memperlihatkan bahwa kecepatannya 100 kali lebih cepat dari 4G dan 2500 kali lebih cepat dari 3G.

Disamping itu layanan broadband wireless dengan kecepatan gigabit ini bisa disediakan di lingkungam usaha, mal, taman, kampus, sekolah, stadion, terminal transportasi umum dan fasilitas umum lain.