Apple Mulai Kembangkan iPhone Layar Lipat

logo huawei

Apple dikabarkan telah mengembangkan smartphone layar lipat. Bahkan menurut Bloomberg, Apple mulai membuat prototipe layar lipat iPhone. Tapi saat ini Apple baru fokus pada pengembangan layarnya, dan kemungkinan produk finalnya baru akan diluncurkan beberapa tahun ke depan.

Dikutip dari Bloomberg, prototipe awal layar lipat iPhone ini terdengar mirip dengan layar lipat yang digunakan oleh Samsung, Motorola dan pabrikan lainnya yang sudah lebih dahulu memasarkan ponsel lipatnya. Namun, laporan itu menyebutkan bahwa perangkat tersebut kemungkinan masih akan dirilis bertahun-tahun lagi, dan Apple hanya mengerjakan tampilan untuk saat ini, bukan bagian ponsel lainnya.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu diketahui tengah mencari cara untuk membuat layar yang dapat dilipat dengan engsel yang sebagian besar tidak terlihat yang dapat dibuka hingga seukuran iPhone 12 Pro Max. Laporan tersebut mengatakan bahwa tim pengembang saat ini masih membahas ukuran layar yang akan dibuat.

Dilihat dari pesaing utama Apple seperti Samsung dan Motorola telah merilis beberapa generasi smartphone layar lipat. Samsung misalnya, pertama memperkenalkan smartphone layar lipat Galaxy Fold pada April 2019. Saat itu memang ada sejumlah masalah berkenaan produk ini.

Bicara tentang iPhone, laporan Bloomberg ini juga membawa bocoran awal tentang iPhone 13. Untuk iPhone 13 yang meluncur tahun ini, Apple tidak menyiapkan perubahan desain yang signifikan karena iPhone 12 dianggap membawa desain dan teknologi terbaru.

Teknisi Apple disebut mempertimbangkan iPhone yang meluncur tahun ini sebagai versi ‘S’ dari model yang meluncur tahun 2020. Sebelumnya Apple memang pernah menambahkan label ‘S’ untuk model iPhone yang membawa pembaruan minor.

Meski desainnya tidak berubah banyak, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS ini dikabarkan sedang menguji coba sensor sidik jari Touch ID bawah layar untuk iPhone 13.

Perlu diketahui, Apple belum secara terbuka menunjukkan minat apa pun untuk membuat iPhone layar lipat. Apple dikenal memang jarang memperlihatkan minat mereka terhadap sebuah kategori produk baru, setidaknya hingga kehadirannya sudah hampir pasti.(Kl)