Ring Tambahkan Enkripsi Untuk Lindungi Saluran Video

logo huawei

Ring kini menambahkan fitur dukungan enkripsi end-to-end atau ujung ke ujung ke kameranya. Fitur tersebut akan membuat streaming video tetap dienkripsi dari kamera hingga perangkat yang digunakan untuk streaming, sehingga tidak akan dapat diakses oleh orang lain.

Sebelumnya fitur ini pertama kali diumumkan pada bulan September, namun akan mulai diluncurkan pada Rabu (13/1) sebagai “pratinjau teknis” dan akan dilakukan pada delapan kamera Ring, termasuk model bel pintu, dalam ruangan, dan luar ruangan.

“Enkripsi ujung-ke-ujung benar-benar tentang pilihan pengguna, untuk menciptakan lapisan keamanan tingkat lanjut,” kata Kepala Petugas Teknis Ring Josh Roth.

Mengutip dari situs Theverge, rekaman dari kamera Ring setelah dienkripsi, dikirim ke server Ring dan kemudian disimpan lagi di server Ring. Namun Ring masih harus dapat mengakses rekaman itu untuk mengaktifkan berbagai fitur, seperti berbagi video melalui situsnya atau klip streaming ke perangkat apa pun yang Anda masuki.

Ring mengatakan bahwa mereka tidak akan melihat video pelanggannya tanpa izin, tetapi perusahaan memiliki kemampuan teknis untuk melakukan penggecekan. Enkripsi ujung-ke-ujung menghilangkan visibilitas apa pun yang dimiliki Ring ke rekaman pengguna dan menawarkan lebih banyak perlindungan untuk pengguna yang sangat sadar akan privasi.

Sayangnya fitur tersebut memiliki beberapa kelemahan yang menambah rintangan dan batasan pada bagaimana kamera dapat digunakan. Beberapa perangkat, seperti Echo Show tidak dapat menampilkan umpan video karena perangkat tersebut tidak mendukung aliran terenkripsi ujung ke ujung. Fitur lainnya, seperti berbagi video juga menjadi lebih rumit karena pengguna harus mengunduh dan mengunggah ulang video secara manual.

Dengan enkripsi ujung-ke-ujung yang telah diaktifkan, pemilik kamera dapat membagikan video ke aplikasi Neighbours, namun mereka tetap mengunduh dan mengunggah rekaman secara manual dan menambahkan beberapa langkah sebelum bisa memposting rekaman.

Saat peluncuran, enkripsi ujung ke ujung akan tersedia pada kamera Ring yang dihubungkan pada daya. Kamera tersebut dapat memproses fitur computer vision, seperti deteksi orang, secara lokal di perangkat, sedangkan kamera Ring bertenaga baterai memindahkan fitur tersebut ke cloud.(na)