Apple Rilis iOS 14.5, Ini Fitur Terbarunya

logo huawei

Apple merilis iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 ke publik, memperkenalkan banyak fitur dan perubahan baru. Pembaruan ini adalah pembaruan terbesar yang dimiliki sejak iOS dan iPadOS 14 dirilis, dan pembaruan ini dapat pengguna lakukan dengan klik fitur Software Update pada menu pengaturan. Perangkat akan secara otomatis terhubung dengan server Apple dan meminta pengguna untuk mengunduh dan menginstall pembaruannya. Setelah itu, pengguna hanya perlu mengikuti petunjuk dalam menyelesaikan pembaruannya.

Fitur Terbaru Pada iOS 14.5

• Unlock iPhone dengan Masker

Fitur terbaru dalam pembaruan iOS 14.5, pengguna dapat membuka layar kunci iPhone dengan menggunakan Apple Watch meskipun pengguna menggunakan masker. Pengguna Apple Watch juga bisa memilih fitur penggunaan Face ID untuk membuka iPhone saat Apple Watch sedang aktif.

• Layanan Musik

Pada iOS 14.5, ketika pengguna meminta Siri (asisten digital) memutar music, maka Siri akan secara otomatis menampilkan Apple Music. Meskipun demikian, seluruh daftar layanan streaming musik lainnya tetap dapat digunakan dan diunduh oleh pengguna.

• Anti-pelacakan iklan alias App Tracking Transparency (ATT)

Dengan App Tracking Transparency, pengguna iPhone kini dapat mengontrol aplikasi mana saja yang diizinkan untuk melacak aktivitas pengguna untuk tujuan periklanan online. Setelah mengunduh pembaruan iOS 14.5, pengguna iPhone akan mulai melihat sebuah prompt ATT saat menggunakan aplikasi. (Apple) Prompt ATT tersebut menyediakan dua opsi untuk pengguna terkait aktivitas pelacakan oleh aplikasi. Dua opsi tersebut adalah “ask app not to track” dan “allow”. Ketika pengguna memilih opsi “ask app not to track”, artinya pengguna tak ingin aplikasi melacak aktivitasnya saat sedang digunakan.

• Suara Siri yang lebih alami dan emoji baru

Apple juga membawa sejumlah pebaruan pada asisten virtual garapannya, Siri. Pada pembaruan kali ini, Siri menyediakan beberapa opsi suara Siri yang disebut lebih alami. Kini, Siri juga telah mendukung Face Time Grup dan akan membantu pengguna melakukan panggilan ke beberapa kontak, termasuk kontak darurat.

Dilansir dari macrumors, iOS 14.5 juga memungkinkan pengguna untuk melaporkan kecelakaan, bahaya di jalan raya, atau pemeriksaan kecepatan melalui Siri ke Maps di iPhone atau CarPlay. Fitur tambahan lainnya pada iOS 14.5 meliputi emoji baru dengan variasi warna kulit yang lebih beragam dan dukungan pada aksesori pelacak benda AirTag.(kl)

%d bloggers like this: