Bagaimana Robot akan Mempengaruhi Kehidupan Manusia?

logo huawei

Mengenai dampak hadirnya robot ada perdebatan besar di antara orang-orang tentang apakah efeknya positif atau negatif. Penggunaan robot semakin berkembang di sekitar kita. Artikel yang dilansir dari Analytics Insight ini bertujuan untuk membuat daftar efek utama robot pada kehidupan manusia.

Bebaskan Beban Kerja

Robot umumnya menyelesaikan pekerjaan yang monoton atau berat bagi manusia. Tujuan membuat robot bukan untuk menggantikan manusia, tetapi untuk membebaskan mereka dari kebosanan melakukan sebagian besar tugas dasar dan tingkat rendah.

Tugas seperti mengoordinasikan jadwal atau mengelola korespondensi tidak memerlukan kecerdasan manusia dan dapat dengan mudah dilakukan oleh robot. Itu akan membuat manusia melakukan pekerjaan yang lebih penting yang membutuhkan kecerdasan manusia.

Murah dan Nyaman

Robot dapat menurunkan biaya barang dan jasa karena akan menurunkan harga tenaga kerja. Ini akan memberi lebih banyak orang akses ke hal-hal yang sebelumnya mungkin di luar kemampuan mereka. Seperti pekerjaan-pekerjaan tertentu, seperti menanam tanaman dan memanen, membutuhkan banyak kekuatan fisik dan ketabahan untuk melakukannya.

Pekerjaan-pekerjaanm yang juga cenderung lebih sulit untuk dilakukan. Robot dapat melakukan semua pekerjaan ini. Robot dapat melakukan banyak pekerjaan seperti membantu pekerjaan di pertanian, melakukan pekerjaan buruh di industri dan pekerjaan lain yang memakan banyak waktu. Robot yang melakukan tugas ini akan membantu mengurangi biaya tenaga manusia.

Ketersediaan Barang dan Jasa yang Lebih Baik

Robot dapat membuat barang dan jasa sepuluh kali lebih banyak daripada tenaga manusia, tentunya ini akan meningkatkan tingkat produksi dan ketersediaan segalanya bagi manusia. Misalnya, jika tenaga manusia dapat membuat sepuluh mangkuk, sebuah robot akan membuat 100 mangkuk sebagai gantinya, yang akan membantu lebih banyak orang untuk mendapatkan manfaat dari penggunaan mangkuk.

Di sisi lain, itu juga akan mengurangi biaya pembuatan mangkuk dan itu akan membuat harga mangkuk lebih murah. Akibatnya, itu akan membuat produk-produk itu tersedia untuk orang-orang dalam jumlah besar.

Keseimbangan dalam Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Dengan bantuan robot dalam pekerjaan sehari-hari mereka, orang akan memiliki lebih banyak keseimbangan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka. Mereka yang akan kehilangan pekerjaan karena sistem otomatisasi akan dapat menemukan posisi baru dan mempelajari keterampilan baru. Ini juga akan membantu mereka untuk memahami nilai nyata yang dibawa oleh karyawan manusia ke dalam organisasi.

Layanan Rumah Tangga

Robot dapat sangat membantu dalam melakukan pekerjaan rumah tangga yang akan menghemat banyak waktu dan tenaga. Orang akan dapat berkonsentrasi pada cara-cara yang berharga untuk menghabiskan waktu mereka. Mereka juga akan memiliki banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai daripada membuang waktu untuk membersihkan dan memasak.

Layanan Kesehatan

Dalam hal perawatan kesehatan, robot dapat memberikan hasil yang lebih akurat dalam tes dan diagnosis daripada manusia. Robot sekarang digunakan tidak hanya di ruang operasi tetapi juga dalam pengaturan klinis untuk mendukung petugas kesehatan dan meningkatkan perawatan pasien.

Selama pandemi COVID-19, rumah sakit dan klinik mulai mengerahkan robot untuk berbagai tugas yang lebih. luas guna membantu mengurangi paparan patogen. Menjadi jelas bahwa efisiensi operasional dan pengurangan risiko yang diberikan oleh robotika kesehatan menawarkan nilai di banyak bidang.(hh)