Buat Rumah Pintar Dengan Biaya 2 Jutaan

logo huawei

Beberapa tahun terakhir ini, teknologi untuk rumah pintar (smart home) semakin mudah diakses, sehingga rumah dapat terhubung ke ponsel dan router. Apalagi sekarang membeli produk yang menyertakan fitur rumah pintar sudah banyak tersedia.

Jadi seperti apakah rumah pintar modern itu, dan bagaimana seseorang dapat mulai membuatnya? Untuk tim dari The Verge telah memutuskan untuk menetapkan batas biaya sekitar 200 dolar untuk melihat berapa banyak produk yang bisa didapatkan untuk mulai membuat rumah pintar. Berikut sejumlah produk yang di pilih untuk mendukung rumah pintar.

Google Home Mini – 49 Dolar

Speaker pintar mungkin adalah awal terbaik untuk mulai membuat rumah kita menjadi pintar. Kita dapat menggunakannya nanti untuk mencari informasi, memesan pizza, memutar podcast, dan lain-lain. Disamping itu kita dapat menggunakannya untuk mengontrol gadget di rumah pintar dan menghubungkannya semua.

Kita dapat menggunakan Google Home Mini dan juga bisa menggunakan Amazon Echo Dot. Kedua speaker pintar ini sebagian besar melakukan hal yang sama dan bekerja dengan produk yang sama. Akan membutuhkan waktu beberapa minggu sebelum kita benar-benar merasa nyaman berbicara keras kepada sebuah speaker di rumah tentunya. Tetapi pada akhirnya kenyamanannya akan kita dapatkan. Karena sering kali lebih mudah meminta Google untuk melakukan sesuatu melalui speaker ketimbang kita membuka ponsel.

Philips Hue – 100 Dolar


Lampu pintar adalah sesuatu yang bisa kita dapatkan dan tidak terlalu rumit. Lampu pintar terbaik tidak perlu diragukan lagi dari Philips.

Namun, kita harus membeli salah satu kit starter Philips terlebih dahulu karena perangkat ini yang akan membantu kita berkomunikasi dengan sistem lampu pintar. Perangkat tersebut tersebut terhubung ke router, dan kita perlu menyinkronkannya dengan ponsel serta memberi izin kepada aplikasi asisten pintar untuk mengaksesnya.

Chromecast Audio – 35 Dolar

Apabila kita memiliki speaker yang masih berfungsi, kita juga dapat membuatnya menjadi speaker pintar dengan menghubungkan Chromecast Audio ke port aux pada speaker, sehingga memungkinkan kita mengalirkan musik ke sana. Selanjutnya kita dapat mengontrol aliran dari ponsel atau Google Home. Ini adalah perangkat yang memiliki tujuan yang sangat sederhana. Tetapi itu juga membuatnya menjadi sangat mudah diatur dan digunakan.

TP-Link Kasa Smart Wi-Fi Plug Mini – 30 Dolar

Terakhir yang harus dilakukan adalah colokan cerdas (smart plug). Fungsinya adalah untuk mematikan daya ke perangkat dan kemudian menghidupkannya kembali.

Dalam banyak kasus colokan pintar sangat membantu. Misalnya kita dapat secara otomatis menyalakan AC di rumah. Jadi dengan smart plug kita dapat menyalakannya dan mulai mendinginkan kamar atau rumah sebelum kita tiba di rumah. Selain itu, kita dapat menggunakannya untuk lampu atau kipas dan apa saja yang perlu dihidupkan dan dimatikan dayanya.

Pendekatan terbaik untuk membuat rumah pintar adalah mulai secara perlahan dengan menambahkan hal-hal dari waktu ke waktu dan melihat apakah perangkat yang kita tambahkan memang berguna. Sekaligus memastikan kita benar-benar menambahkan fungsi pada rumah pintar yang kita butuhkan. Dengan demikian sedikit demi sedikit kita akan mulai menemukan bahwa rumah kita semakin menjadi lebih pintar.(hh)

Sumber