Ini Standar 5G yang Lengkap

logo huawei

Desember tahun lalu, 3GPP (organisasi internasional yang mengawasi standar seluler) telah menyetujui spesifikasi 5G yang tidak berdiri sendiri dan masih mengandalkan jaringan 4G / LTE yang ada. Langkah itu membuat kita menjadi lebih dekat dengan jaringan 5G yang sebenarnya yang berfungsi. Tapi sekarang kita menjadi lebih dekat lagi karena 3GPP telah menyetujui spesifikasi untuk 5G yang berdiri sendiri.

“Sekarang, seluruh industri akan mengambil langkah terakhir menuju komersialisasi 5G,” kata 3GPP dalam sebuah pernyataan.

“Dua tahun lalu, 5G dilihat hanya sebagai visi atau bahkan hanya sekedar publisitas. Namun, dengan penutupan Rel-15, 3GPP telah membuat 5G menjadi kenyataan dalam waktu yang sangat singkat,” ujar Georg Mayer, ketua 3GPP CT.

“Hasilnya adalah serangkaian standar luar biasa yang tidak hanya akan menyediakan tarif data dan bandwidth yang lebih tinggi untuk pelanggan, tetapi terbuka dan cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan komunikasi industri yang berbeda, sehingga 5G akan menjadi platform integrasi untuk bisnis yang heterogen,” lanjutnya.

Dalam definisi yang paling sederhana, 5G adalah generasi kelima dari jaringan seluler yang merupakan langkah berikutnya dalam teknologi seluler. Sebuah teknologi yang akan digunakan oleh ponsel dan tablet di masa depan untuk data, dan akan membuat jaringan LTE yang ada saat ini terasa lambat dan tidak relevan seperti yang terjadi juga dengan 3G.

Untuk merekap perjalanan teknologi seluler, generasi pertama jaringan seluler disebut sebagai 1G, yang keluar sekitar tahun 1982 yang merupakan sistem analog hingga peluncuran 2G yang membuat lompatan ke digital ketika diluncurkan pada tahun 1991. 2G juga menambahkan data seluler dalam bentuk teknologi GPRS dan EDGE. Kira-kira 10 tahun kemudian, jaringan 3G diluncurkan, dan menawarkan kecepatan data yang lebih cepat daripada 2G. Sekitar 10 tahun setelah itu, jaringan LTE atau yang disebut 4G hadir. Meskipun ada beberapa perselisihan tentang apa yang benar-benar generasi keempat dari jaringan. Secara historis generasi teknologi jaringan baru hadir setiap dekade atau lebih. Jaringan 5G kemungkinan akan menawarkan lompatan yang sama.

Sejumlah perusahaan sudah bersiap untuk 5G termasuk Verizon, Sprint, T-Mobile dan AT & T.

“Pencapaian ini akan memungkinkan pengujian lebih lanjut dengan menggunakan peralatan yang memenuhi standar dan membuka jalan bagi peluncuran 5G komersial kami di selusin kota akhir tahun ini,” kata AT & T dalam sebuah pernyataan.

Walaupun kehadiran Standar 5G merupakan langkah penting, tetapi perlu diingat bahwa untuk mendapatkan semua perangkat keras dan jaringan yang diperlukan hingga kecepatan yang akan dihadirkan akan membutuhkan waktu. Jadi masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan.(hh)

Sumber