Bulan Desember Twitter Akan Mulai Hapus Akun Tidak Aktif

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Twitter telah memberitahukan para penggunanya bahwa mereka akan mulai menghapus akun yang tidak ada aktifitas selama enam bulan terakhir. Proses pembersihan akun yang tidak aktif ini akan dilakukan setelah 11 Desember, untuk proses penutupan akun ini akan memerlukan waktu beberapa bulan kedepan.

Jika anda sudah tidak menggunakan Twitter akhir-akhir, maka ini waktu yang baik untuk memeriksa akun anda agar tetap aktif, karena nanti bisa saja seseorang akan mengambil nama akun yang anda gunakan. Anda cukup masuk ke dalam akun Twitter dan tidak perlu memposting status, jadi jangan khawatir harus terlihat berpura-pura aktif.

Seperti dilansir Engadget, perusahaan jejaring sosial Twitter menjelaskan bahwa penghapusan akun yang tidak aktif itu merupakan bagian dari upaya mereka untuk menyajikan informasi yang lebih akurat dan kredibel, sehingga dapat diandalkan orang.

Meskipun tidak menjelaskan secara rinci tujuannya, ini bisa membantu anda menemukan pengguna yang anda cari dan juga cuitan yang anda perlukan ketimbang harus melalui lautan akun yang sudah tidak aktif, maka proses ini menjadi leibih cepat. Ini juga nantinya dapat mempersulit pedagang pornografi dan para pembuat propaganda untuk membajak akun demi kebutuhan mereka untuk membuat spam.

Ini bisa membantu jika anda ingin menggunakan nama akun yang telah diambil oleh seseorang sebelumnya. Namun, selain itu mungkin ada juga kerugian signifikan dari proses penghapusan ini karena akan mengakibat banyak pengguna yang tidak bisa masuk lagi.

Misalnya akun pengguna yang telah meninggal, pengguna yang dirawat di rumah sakit yang mungkin tidak bisa mengakses akun mereka. Apabila akun mereka dihapus maka seluruh sejarah status mereka tidak bisa diakses.Apalagi akun yang dihapus itu milik orang terkenal, sehingga nilai-nilai budaya yang ada di Twitter akan hilang.

Terkait masalah tersebut Twitter telah mengatakan kepada Engadget bahwa mereka sedang mempertimbangkan cara untuk mengabadikan akun orang yang telah meninggal, meskipun tidak menjelaskan bagaimana cara kerjanya.

Engadget juga telah menanyakan kepada Twitter apakahmereka dapat menjelaskan bagaimana mereka akan menangani akun-akun tidak aktif tersebut. Pastinya akan ada banyak orang yang mencari nama akun yang baru pada bulan Desember. Jika anda juga sudah lama menginginkan nama akun yang pernah inginkan sebelumnya, maka nanti merupakan kesempatan terbaik untuk mencarinya.(hh)