Fitur Android Ini Bisa Buat Mata Rusak

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Mode gelap mungkin merupakan salah satu fitur paling populer bagi para pengguna ponsel pintar Android. Baik itu aplikasi, sistem operasi, buatan Apple dan Google, ponsel pintar dan laptop, banyak produk yang kita gunakan saat ini memiliki mode gelap yang terintegrasi di dalamnya.

Manfaat yang biasa dirasakan ketika menggunakan mode gelap adalah menghemat konsumsi energi pada perangkat yang menggunakan layar OLED atau AMOLED. Pada panel OLED, setiap piksel menyala secara individual, jadi ketika latar belakang putih, semua piksel dihidupkan dan tampilan akan menggunakan lebih banyak daya. Namun, ketika piksel hitam atau abu-abu gelap, seperti halnya dalam mode gelap, penggunaan daya pun akan menurun.

Manfaat lain dari mode gelap adalah memotong cahaya biru yang berbahaya. Cahaya biru adalah spektrum cahaya yang memiliki energi tinggi dengan panjang gelombang terpendek. Sumber alami cahaya biru terbesar bagi manusia adalah Matahari, tetapi ponsel pintar juga memancarkan cahaya biru.

Namun, menurut sebuah makalah kesehatan dari Harvard Health, paparan yang terlalu berlebihan terhadap cahaya biru dapat menekan sekresi melatonin, hormon penting untuk tidur yang baik di malam hari.

Perusahaan pembuat layar sering mengklaim tentang bagaimana mode gelap dapat meningkatkan visibilitas dan mengurangi ketegangan mata ketikamenggunakan perangkat dalam kondisi kurang cahaya. Tapi hal ini tidaklah semuanya benar.

Teks hitam pada latar belakang putih membuat kondisi yang baik untuk membaca, Karena warna putih mencerminkan semua panjang gelombang dari spektrum yang terlihat. Iris (selaput pelangi) pada mata tidak perlu melebar untuk menyerap lebih banyak cahaya.

Ketika kita melihat teks terang pada layar gelap, iris tidak melebar seperti kita melihat layar putih, sehingga membuat pupil mata tetap menyempit dan kits perlu sedikit upaya untuk fokus ketika melihat pada layar. Berbeda dengan ketika melihat teks hitam pada latar belakang putih, pupil mata akan langsung fokus layar.

Para pengguna ponsel pintar yang menggunakan fitur mode gelapi dapat mengalami gangguan penglihatan bernama astigmatisme atau mata silender. Efek buruk ini terjadi jika dark mode di pakai dalam kondisi siang hari atau pencahayaan serta untuk jangka waktu yang cukup lama. Karena itu, ketika kita melihat layar yang terang, maka kita akan merasa tidaknyamanan.

Mode gelap mungkin lebih cocok untuk malam hari, tetapi tidak selalu membantu kita membaca lebih baik atau menyelamatkan mata kita dari ketegangan. Jadi mungkin kita bisa menghindarinya jika kita mulai merasakan ada masalah pada penglihatan atau peningkatan sensitivitas mata terhadap cahaya.(hh)