Cara Memilih Kabel Ethernet

logo huawei

Memilih kabel Ethernet sebagian besar relatif mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat jika Anda ingin memaksimalkan koneksi internet dan jaringan lokal Anda.

Tidak Semua Kabel Ethernet Sama
Jaringan kabel umumnya sangat mudah digunakan. Sebagian besar waktu, Anda mencolokkan kabel ke port Ethernet atau adaptor di komputer Anda dan Anda siap melakukannya. Membeli kabel Ethernet bisa tampak jauh lebih rumit, dengan berbagai standar, kecepatan, dan spesifikasi yang harus diperhitungkan.

Menurut howtogeek.com, kabel jaringan dipisahkan ke dalam kategori yang berbeda, dengan standar dasar Cat-5. Sama seperti standar Wi-Fi yang berbeda, kategori kabel Ethernet yang berbeda memiliki kecepatan yang berbeda. Berbagai kategori yang tersedia adalah:

  • Cat-5 dengan kecepatan maksimum 100Mbps, biasanya tanpa pelindung.
  • Cat-5e dengan kecepatan maksimum 1Gbps, tersedia dalam varietas berpelindung dan tidak berpelindung.
  • Cat-6 dengan kecepatan maksimum 10Gbps untuk lari di bawah 55 meter (sekitar 180 kaki), tersedia dalam varietas berpelindung dan tidak berpelindung.
  • Cat-6a dengan kecepatan maksimum 10Gbps, terlindung.
  • Cat-7 menggunakan konektor GG45 berpemilik daripada konektor RJ-45 standar yang terlihat pada kabel lain untuk kecepatan 10Gbps, terlindung.
  • Cat-8 dengan kecepatan maksimum 25Gbps (Cat-8.1) atau 40Gbps (Cat-8.2) pada jarak sekitar 30 meter (sekitar 100 kaki), terlindung.

Cocokkan Kabel Anda dengan Jaringan dan Penggunaan Anda

Hal pertama yang harus diperiksa adalah kecepatan koneksi internet Anda, serta router mana yang Anda miliki dan kecepatan apa yang didukungnya. Jika router Anda dibatasi pada maksimum 1Gbps, tidak ada gunanya menggunakan kabel Cat-6 atau lebih cepat karena Cat-5e cocok dengan throughput maksimum router Anda.

Kabel dengan pelindung atau tanpa pelindung?
Anda mungkin tidak mendapatkan pilihan antara kabel berpelindung dan tidak berpelindung, hal itu tergantung pada standar yang Anda pilih. Sebagian besar kabel Cat-5e tersedia dalam varietas berpelindung dan tidak berpelindung, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kabel terlindung sering disebut sebagai Shielded Twisted Pair (STP). Kabel ini dirancang untuk lingkungan dengan banyak interferensi elektromagnetik, seperti saluran listrik, jaringan nirkabel, atau lingkungan di mana gelombang radio lebih umum seperti universitas atau studio TV.(ra/hh)

%d bloggers like this: