Cara Mengetahui Jika Ponsel Anda Memiliki Malware

logo huawei

Ponsel cerdas Anda seperti komputer mini yang pas di saku Anda, sama seperti laptop Anda yang rentan terhadap malware, yang bentuknya bisa berupa spyware, adware, atau ransomware.

Sayangnya, terkadang sulit untuk menentukan apakah perangkat Anda telah terinfeksi. Ini memang disengaja, karena para pelaku  yang berada di balik malware tidak ingin Anda menemukan malware yang mereka buat dan menghapusnya. Jadi, Anda perlu mencari tanda-tanda aktivitas yang mengganggu.

iOS vs. Android: OS Mana yang Lebih Rentan?

Jika Anda memiliki iPhone, Anda mungkin berpikir bahwa semua ini tidak berlaku untuk Anda. Lagi pula, gagasan bahwa Mac tidak terkena virus tentu meluas ke semua perangkat Apple lainnya, bukan? Hal itu Salah. Menurut sea.pcmag.com, memang benar bahwa iPhone lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi malware daripada ponsel Android berkat proses persetujuan Apple yang ketat, tetapi itu tidak berarti iPhone kebal terhadap infeksi.

Jadi, apa pun OS seluler yang Anda jalankan, penting untuk tetap waspada. Anda tidak pernah tahu kapan aplikasi yang tampaknya tidak berbahaya menyimpan muatan jahat

Tanda-tanda Ponsel Anda Mungkin Terinfeksi

  • Iklan Pop-Up yang Tidak Akan Hilang
  • Biaya yang Tidak diketahui ada pada Tagihan Anda
  • Baterai Anda Terkuras Lebih Cepat Dari yang Diharapkan
  • Ponsel Anda Terlalu Panas
  • Ponsel Anda Lebih Lambat Dari Biasanya
  • Panggilan Terputus dan Koneksi Buruk
  • Aplikasi Tak Terduga Muncul

Hal Yang Perlu Anda Lakukan Jika Merasa Handphone Anda Terinfeksi

  • Masuk ke Safe Mode di Android
    Anda telah memeriksa ponsel Anda dan menemukan sesuatu yang mencurigakan, atau Anda memiliki satu atau lebih gejala malware. Sekarang apa? Jika Anda menggunakan ponsel Android, coba mode aman (Safe Mode).
    Di iPhone, ponsel Anda perlu di jailbreak untuk masuk ke mode aman, jadi ini bukan solusi yang bisa diterapkan untuk sebagian besar pemilik ponsel cerdas Apple.
  • Melakukan Pemindaian Virus
    Jika Anda tidak dapat menemukan apa pun sendiri, inilah saatnya untuk menggunakan antivirus yang bagus, terutama jika Anda menggunakan perangkat Android. Tetapi jangan mengunduh sembarang aplikasi. Gunakan nama developer tepercaya di bidang keamanan, seperti Bitdefender, Kaspersky, Norton, dan McAfee yang semuanya memiliki aplikasi antivirus Android sendiri. Kami menyarankan untuk berinvestasi dalam satu aplikasi dan mengizinkan program untuk mengidentifikasi dan menghapus malware apa pun yang ditemukannya.
  • Reset Device
    Di iPhone, buka Pengaturan> Umum> Atur Ulang dan hapus perangkat. Jika Anda memiliki cadangan yang layak, Anda dapat mengikuti petunjuk kami. Pemilik Android mungkin perlu menemukan petunjuk khusus untuk pabrikan ponsel mereka. Untuk perangkat Samsung, buka Pengaturan > Manajemen Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Data Pabrik untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda dapat memulihkan dari cadangan di Google Drive jika Anda mengikuti petunjuk ini.(ra/hh)
%d bloggers like this: