Cara Menghentikan Trackers Iklan di iPhone

logo huawei

Kita semua pernah mengalami pengalaman mengesalkan di mana momen singkat belanja sepatu melalui online yang berminggu-minggu kemudian selalui disodori berbagai jenis iklan umengenai sepatu yang sama di setiap situs yang Anda kunjungi.

Tetapi ada fitur di iPhone yang dapat membantu Anda meningkatkan privasi online Anda dengan memberi Anda opsi untuk menonaktifkan pelacakan iklan dengan mudah dalam aplikasi yang Anda gunakan.

Fitur Transparansi Pelacakan Aplikasi Apple memberi Anda kontrol lebih besar atas aplikasi mana yang dapat melacak Anda di iPhone, dan bagaimana caranya. Kecuali Anda memberikan izin eksplisit kepada aplikasi untuk melacak Anda (termasuk yang dibuat oleh Apple), aplikasi tersebut tidak dapat menggunakan data Anda untuk iklan bertarget, membagikan data lokasi Anda dengan pengiklan atau membagikan ID iklan Anda atau pengenal lainnya dengan pihak ketiga.

Menurut cnet.com, perubahan ini diperkenalkan pertama kali di Apple’s Worldwide Developers Conference pada Juni 2020 dan diluncurkan dengan pembaruan iOS 14.5. Perubahan ini mendapatkan dukungan dari pendukung privasi dan kritik dari perusahaan seperti Facebook, yang mengatakan itu akan merugikan bisnis iklannya.

Berikut cara menggunakan fitur Transparansi Pelacakan Aplikasi baru tersebut untuk mengontrol aplikasi mana yang dapat melacak Anda.

Cara mematikan pelacakan aplikasi pada aplikasi baru

Saat mengunduh dan membuka aplikasi baru, Anda akan mendapatkan notifikasi yang menanyakan apakah Anda ingin mengizinkan aplikasi melacak aktivitas Anda di aplikasi dan situs web perusahaan lain. Anda juga akan melihat informasi tentang apa yang akan dilacak oleh aplikasi. Anda dapat mengetuk Minta Aplikasi untuk tidak Lacak untuk memblokir aktivitas itu atau Izinkan.

Anda juga dapat memilih keluar dari pelacakan aplikasi di setiap aplikasi yang Anda unduh dengan masuk ke Pengaturan > Privasi > Pelacakan, dan matikan Izin Aplikasi. Dengan memilih opsi tersebut berarti aplikasi apa pun yang mencoba meminta izin Anda akan secara otomatis diblokir agar tidak bertanya dan diberi tahu bahwa Anda telah meminta untuk tidak dilacak. Dan semua aplikasi (selain yang telah Anda izinkan untuk dilacak di masa lalu) akan diblokir untuk mengakses informasi perangkat Anda yang digunakan untuk iklan.

Penting untuk dicatat bahwa ini tidak berarti iklan akan hilang. Ini hanya berarti bahwa Anda akan lebih cenderung melihat iklan umum.

Cara mematikan pelacakan aplikasi pada aplikasi yang sudah diunduh

Untuk aplikasi yang telah Anda unduh dan mungkin memiliki izin pelacakan yang telah disiapkan, Anda masih dapat mengaktifkan atau menonaktifkan izin tersebut per aplikasi.

Di bawah Pengaturan, ketuk aplikasi, lalu ketuk untuk mematikan Izinkan Pelacakan. Atau buka Pengaturan > Privasi > Pelacakan, dan ketuk untuk mengaktifkan atau menonaktifkan setiap aplikasi yang akan Anda lihat di daftar aplikasi yang telah meminta izin untuk melacak aktivitas Anda.(ra/hh)

%d bloggers like this: