Cara Mengubah Nama Saluran YouTube Tanpa Mengganti Akun Google

logo huawei

Para pengguna dan pembuat konten di YouTube kini dapat mengubah nama saluran dan gambar profil mereka tanpa memengaruhi akun Google yang tertaut. Sebelumnya, saluran YouTube dikaitkan dengan informasi akun Google pengguna, jadi pengguna harus mengubah nama akun Google dan gambar profil jika ingin memperbarui salurannya.

Setelah adanya perubahan ini, nama saluran YouTube pengguna bisa berbeda dengan nama akun Google. Hal berguna untuk memisahkan identitas pribadi dan saluran YouTube karena tidak menampilkan nama asli akun Google penggunanya.

Dilansir dari situs Lifehacker, mengubah nama saluran terverifikasi akan menghapus status verifikasi. Pengguna dapat mengajukan permohonan verifikasi lagi, namun harus melalui proses yang sama seperti sebelumnya untuk mendapatkan kembali akun terverifikasi. Pengguna yang mengubah nama saluran tidak akan mengubah URL khusus salurannya.

Jika ingin mengubah nama saluran YouTube melalui desktop atau aplikasi seluler di Android maupun iOS, berikut cara yang dapat Anda lakukan.

Pertama buka YouTube studio di browser, kemudian pilih ‘Customization’ dari menu sidebar.
Buka tab ‘Branding’, lalu klik ‘Change’ yang ada di samping foto profil. Kemudian buka tab ‘Basic Info’ dan klik ikon pensil di samping nama saluran untuk mengeditnya. Setelah semua selesai, Anda dapat mengklik ‘Publish’ untuk menyimpan perubahan dan memperbarui info saluran YouTube.

Kemudian berikut cara untuk mengedit branding saluran YouTube versi Android atau iOS. Buka aplikasi YouTube, lalu ketuk gambar profil Anda di kanan atas. Pilih ‘Your Channel’, klik ‘Edit Channel’, lalu edit nama saluran atau gambar profil, kemudian klik simpan perubahan.

Jika Anda ingin mengubah informasi Akun Google, namun tidak ingin mengubah Saluran YouTube, Anda dapat masuk ke myaccount.google.com dan edit nama atau ikon profil Anda dari tab ‘Personal Info’.

YouTube mengatakan bahwa mengubah nama saluran atau gambar profil akan terlihat di semua layanan Google karena perubahan tersebut belum diterapkan ke akun Anda. Perubahan ini belum sepenuhnya dapat dilakukan oleh semua pengguna atau pembuat konten.(na)