Google Assistant kini bisa diaktifkan tanpa suara ‘OK Google’

logo huawei

Google Assistant kini bisa diaktifkan tanpa menggunakan perintah suara ‘OK Google’. Ini tersedia di pembaruan Google versi 12.8. Kemampuan mengaktifkan Google Assistant tanpa perintah suara ‘OK Google’ sebenarnya bukan hal baru. Google sudah menghadirkannya di Google Home dan Google Nest Hub sejak tahun 2019 lalu.

Dilansir dari the verge, opsi tersebut muncul dalam pengaturan yang disebut Gucamole di aplikasi Google untuk beberapa pengguna smartphone. Intinya memungkinkan user mengucap frasa sederhana seperti ‘setop’ atau ‘snooze’.

Tak hanya mematikan alarm, pengguna juga dapat menjawab panggilan masuk secara langsung. Pengguna cukup mengatakan ‘Answer/decline the call’ untuk terhubung.

Fitur ini sebenarnya telah digunakan di Google Home atau smart speaker Nest Hub. Perusahaan mengatakan kepada The Verge bahwa mereka terus bereksperimen dengan cara baru untuk meningkatkan pengalaman Google Assistant secara keseluruhan.

Sebagai catatan, Google baru-baru ini juga meluncurkan versi baru dari Google Voice Assistant secara global. Pembaruan ini hadir dengan dukungan bantuan pengemudi untuk lebih banyak negara dan wilayah. Selain fitur dan pembaruan untuk asisten suaranya, Google juga menambahkan kemampuan untuk memilih kualitas video mana yang akan diluncurkan secara defult pada aplikasi seluler Youtube.

Laporan dari 9to5Google menyatakan bahwa perusahaan telah memperbarui aplikasi seluler Youtube dengan lebih banyak opsi untuk menyetel kualitas pemutaran video. Sebelumnya, satu-satunya pilihan adalah fungsi pemilihan kualitas otomatis.

Saat ini, pengguna secara opsional dapat memilih pemakaian otomatis dengan kualitas terbaik atau sebaliknya. Pengguna juga bisa memilih mode mana yang akan dihidupkan secara otomatis, apakah menggunakan jaringan wifi atau jaringan seluler. Berdasarkan catatan 9to5Google, dalam mode kualitas terbaik, resolusi video dibatasi pada 720p. Sedangkan pada pilihan penghematan daya, kualitas berkisar antara 144p hingga 480p. Pengguna dapat mengatur resolusi secara manual hingga 4K UHD.

Fitur tersebut saat ini masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, dan untuk detailnya sendiri hingga sekarang masih sangat dirahasiakan.

Belum diketahui kapan Google akan menghadirkan fitur Guacamole. Namun Diyakini peluncuran baru akan digelar pada acara Google I/O tanggal 18 Mei mendatang.(kl)