Cara Periksa Kecepatan Internet Di MacOS Monterey

logo huawei

Jika Anda ingin memeriksa seberapa cepat (atau lambat) internet Anda, metode yang biasa digunakan adalah pergi ke speedtest.net, fast.com, atau salah satu dari  situs tes kecepatan internet lainnya. Tetapi jika Anda memiliki Mac yang menjalankan macOS Monterey, Anda tidak perlu mengunjungi situs web apa pun untuk memeriksa kecepatan internet Anda. Sekarang ada fitur bawaan di macOS, yang memungkinkan Anda menguji kecepatan koneksi langsung dari Terminal itu sendiri.

Mengapa menggunakan Terminal Untuk Menguji Kecepatan Internet

Dilansir dari lifehacker.com, ada beberapa keuntungan besar untuk mencoba tes kecepatan berbasis Terminal di Macbook. Anda tidak perlu memuat situs web yang penuh dengan iklan, sehingga bisa memberikan dampak negatif pada privasi dan masa pakai baterai Anda.  Terminal bisa dibilang jauh lebih cepat daripada menggunakan browser, jadi keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk memulai tes kecepatan sedikit lebih rendah.

Selain itu, metode Terminal juga mudah dijalankan. Ini sama sekali tidak memerlukan pengetahuan tentang pengkodean atau keterampilan teknis khusus apa pun, yang merupakan nilai tambah besar bagi banyak orang. Yaitu memungkinkan mereka yang secara teknis tidak cenderung memiliki kesempatan untuk mencoba Terminal, yang mungkin sangat membantu untuk mencoba perintah berguna lainnya, seperti yang memungkinkan Anda memeriksa semua aplikasi yang diinstal di Mac Anda atau yang lain untuk mengatur pengatur waktu tidur.

Cara menggunakan Terminal untuk menguji kecepatan internet Anda

Untuk menggunakan fitur ini, buka Terminal di Mac Anda. Jika Anda kesulitan menemukan aplikasi, Anda dapat menekan Command + Space Bar untuk membuka pencarian Spotlight dan mengetik Terminal. Setelah Terminal terbuka, ketik networkQuality (huruf besar tidak diperlukan) dan tekan Enter.

Sekarang, selama Mac Anda terhubung ke internet dan menjalankan macOS Monterey, tes kecepatan akan dimulai. Anda akan melihat langsung dari kecepatan unduh dan unggah Anda saat pengujian sedang berjalan. Setelah selesai, Terminal akan menampilkan hasil di bawah judul ==== SUMMARY ====.

Perintah ini menjalankan tes kecepatan unggah dan unduh secara bersamaan, tetapi jika Anda ingin menjalankannya satu demi satu, Anda dapat menggunakan perintah Terminal networkQuality -s. Perintah ini akan menjalankan tes kecepatan unduhan terlebih dahulu dan kemudian memeriksa kecepatan unggah Anda. Hasil tes tidak  berpengaruh.(ra/hh)

%d bloggers like this: