Cegah Zoombombing, Zoom Rilis Fitur Keamanan Baru

logo huawei

Popularitas perusahaan teknologi dan aplikasi konferensi video Zoom kian meningkat sejak pandemi COVID-19. Zoom menjadi salah satu platform yang banyak digunakan untuk mendukung aktivitas pertemuan atau rapat yang dilakukan secara daring.

Dilansir dari situs theverge.com, fenomena Zoombombing sangat meresahkan dan menganggu kegiatan rapat maupun pertemuan secara daring. Hal ini disebabkan peretas mampu menemukan cara untuk menyerang panggilan Zoom dan menampilkan video yang mengejutkan dan konten yang menganggu.

Zoom terus berupaya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan untuk para penggunanya. Fitur yang diberi nama Suspend Participant Activities ini memungkinkan host dapat menjeda rapat untuk sementara sehingga host dapat mengeluarkan “Zoombombing” atau individu yang menganggu.

Security & Privacy PR Lead, Matt Nagel mengatakan bahwa Zoom telah merilis fitur keamanan baru untuk mencegah gangguan pada acara.

“Zoom merilis dua fitur keamanan baru akhir pekan ini untuk menghapus dan melaporkan peserta rapat yang menggangu. Perusahaan juga berbagi informasi tentang alat internal yang digunakan untuk membantu mencegah gangguan rapat sebelum terjadi,” kata Nagel.

Untuk menangguhkan rapat, admin atau host dapat mengklik ikon ‘Security’ saat melakukan panggilan, lalu klik ‘Suspend Participant Activities’ untuk melarang peserta melakukan aktivitas yang mengganggu jalannya pertemuan atau rapat.

Saat fitur ini diaktifkan, semua video, audio, obrolan dalam rapat, anotasi, berbagi layar, dan rekaman akan ditangguhkan dan semua ruang breakout akan berakhir. Dengan demikian dapat menutup aktivitas Zoombombing.

Tim keamanan Zoom akan bertanya kepada penyelenggara apakah mereka ingin melaporkan pengguna, dan jika mereka melakukannya, pengguna tersebut akan dikeluarkan dari rapat dan tim keamanan Zoom akan diberi tahu.

Zoom mengatakan bahwa fitur baru sedang diaktifkan secara default untuk semua pengguna gratis dan berbayar dan tersedia di klien Zoom untuk Mac, PC, dan Linux, serta aplikasi seluler Zoom.

Pada bulan April, Zoom mengumumkan pembekuan fitur 90 hari untuk memperbaiki masalah privasi dan keamanan pada platform yang terungkap setelah lonjakan besar pengguna yang mengandalkannya selama pandemi. Banyak dari peningkatan yang dihasilkan Zoom, seperti mengaktifkan ruang tunggu secara default untuk akun Pro dasar berlisensi tunggal, dan pendidikan, dapat membantu mempersulit Zoombombing untuk menyusup ke dalam rapat.(na)