Whatsapp Rilis Fitur Baru Bikin HP Anti Lemot

logo huawei

WhatsApp secara resmi mengumumkan fitur manage storage, dengan adanya fitur ini diharapkan performa ponsel anda akan lebih baik dan pastinya lebih cepat.

Fitur baru ini mulai dikirimkan WhatsApp pada 9 November 2020. Pada smartphone Android fitur ini dikirimkan pada versi 2.20.205.13 Jadi anda sudah bisa melakukan pemutakhiran (update) aplikasi WhatsApp. Fitur juga akan tersedia di Apple iOS, KaiOS dan desktop.

Update terbaru ini sebenarnya berbeda dengan versi uji coba di mana dalam versi uji coba fitur ini juga dapat menghapus semua percakapan di chat individual maupun Grup WhatsApp.

Kemungkinan karena WhatsApp bulan ini akan mengirimkan fitur hapus pesan otomatis. Ketika fitur ini diaktifkan, pesan baru yang terkirim ke obrolan akan otomatis hilang setelah 7 hari. Ini akan membantu membuat obrolan terasa lebih ringan dan lebih privat.

Dilansir dari world today news, fitur perpesanan sementara ini selain berfungsi untuk menjaga kerahasiaan obrolan, juga berfungsi untuk membuat penyimpanan menjadi lebih luas sehingga membuat ponsel anda menjadi tidak lemot.

“Di obrolan individu, setiap orang bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini. Tapi di obrolan grup, hanya admin yang bisa mengontrol aktif atau tidaknya fitur perpesanan sementara,” Jelas WhatsApp dalam pernyataan resminya, Kamis (5/11/2020).

Cara kerja fitur ini adalah menghapus gambar, foto, dan meme dengan sekali tekan tombol. Sehingga anda tidak perlu lagi menghapusnya secara satu persatu. Kehadiran fitur baru ini diungkapkan oleh WhatsApp melalui akun twitter resminya.

WhatsApp menjelaskan jika sebuah pesan sementara diteruskan ke suatu obrolan yang tidak mengaktifkan fitur pesan sementara, pesan tersebut akan tetap terlihat.

“Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan tersebut hilang, pesan sementara akan termasuk dalam cadangan tersebut. Tapi pesan sementara akan hilang saat pengguna memulihkan pesan tersebut dari cadangan,” kata WhatsApp.

Sesuai dengan arahan WhatsApp pada tweetnya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk menggunakan fitur anti lemot ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel anda.
  2. Klik Settings.
  3. Pilih Storage and Data > Manage Storage.

(kl)