CPU Intel Terbaru Mungkinkan Peretas Pecahkan Enkripsi

logo huawei

Intel menemukan masalah pada prosesornya, sebuah kerentanan baru telah muncul yang memungkinkan siapa pun yang memiliki akses fisik ke komputer dapat menginstal firmware berbahaya pada chip Intel tertentu. Dengan melakukan itu, mereka dapat mengalahkan proteksi yang disediakan oleh Bitlocker dan lainnya.

Dilansir dari howtogeek.com, Chip yang terpengaruh adalah CPU Intel Pentium, Celeron, dan Atom pada platform Apollo Lake, Gemini Lake, dan Gemini Lake Refresh. Chip ini ditemukan di desktop dan laptop kelas bawah, jadi jika Anda memiliki salah satunya, Anda harus lebih waspada terhadap perangkat Anda.

Seperti disebutkan, penyerang harus memiliki akses fisik ke komputer, yang berarti mereka tidak dapat mengeksekusi eksploitasi berbahaya dari jarak jauh. Tetapi jika seseorang berhasil mencuri laptop Anda, mereka dapat menyiasati Bitlocker yang merupakan modul platform tepercaya dengan fitur pembatasan anti-penyalinan, dan sebagainya. Artinya seseorang dapat melewati keamanan untuk melindungi barang-barang Anda.

Menurut Ars Technica, yang memiliki semua detail teknis eksploitasi. Menurutnya, jika Anda tertarik, orang tersebut hanya memerlukan akses fisik ke komputer Anda selama sekitar 10 menit, waktu yang cukup lama jika mereka benar-benar mencuri atau menemukan laptop Anda.

Peneliti Mark Ermolov, yang merupakan bagian dari tim yang menemukan kerentanan, berbicara tentang risiko sebenarnya dari eksploitasi ini.

“Salah satu contoh ancaman nyata adalah hilang atau dicurinya laptop yang berisi informasi rahasia dalam bentuk terenkripsi. Dengan menggunakan kerentanan ini, penyerang dapat mengekstrak kunci enkripsi dan mendapatkan akses ke informasi di dalam laptop,” jelasnya.

Saat ini belum ada bukti bahwa kerentanan tersebut telah dieksploitasi secara luas, dan selama Anda memiliki kendali atas laptop Anda, Anda tidak perlu khawatir. Untungnya, ada pembaruan, yang dijelaskan oleh Intel bahwa pengguna Prosesor Intel yang terpengaruh dapat memperbarui ke versi terbaru yang disediakan oleh produsen sistem untuk mengatasi masalah ini.

Jika Anda memiliki salah satu prosesor yang terdaftar di halaman ini, Anda harus menginstal pembaruan UEFI BIOS yang tersedia dari OEM atau produsen motherboard untuk memastikan Anda terlindungi, terutama jika Anda memiliki banyak informasi istimewa di komputer Anda.(ra/hh)

%d bloggers like this: