Dampak WFH, Pencarian Aplikasi Video Conference Meningkat 97 Persen

logo huawei

Pencarian Internet untuk Skype, Office 365, Microsoft Teams dan Zoom telah melonjak ketika pemilik bisnis beralih ke kerja jarak jauh karena coronavirus.

Seperti dilansir dari situs web Insider.co.uk, penelitian dari perusahaan cloud computing di Glasgow, Iomart memerlihatkan pencarian untuk Zoom yang telah meningkat 97 persen sejak Januari, sedangkan permintaan Office 365 telah meningkat sebesar 46 persen, dan pencarian untuk Skype mendapati peningkatan sebanyak 18 persen.

Sebagian besar pencarian ini telah dilakukan dalam dua minggu terakhir, karena permintaan untuk kolaborasi secara jarak jauh mencapai puncaknya. Iomart mengatakan kolaborasi dan fasilitas komunikasi seperti itu sangat penting untuk produktivitas, terutama karena 55 persen pekerja di Inggris tidak memiliki pengalaman bekerja dari rumah dan 35 persen mengalami penurunan motivasi ketika melakukannya.

Sebuah survei baru-baru ini memperihatkan bahwa 62 persen pekerja jarak jauh menginginkan karyawannya untuk dapat menyediakan teknologi yang lebih baik, sehingga bisa membantu mereka tetap terhubung dengan kolega atau perusahaan. Untuk mengatasi pengurangan yang signifikan dalam hal rasa kebersamaan, interaksi sosial dan pembelajaran dari orang lain.

Tetapi sejumlah perusahaan mengatakan melakukan investasi dalam teknologi kolaboratif dalam skala besar dalam waktu yang sangat singkat membutuhkan biaya yang cukup besar. Tentunya ini sulit bagi perusahaan yang sudah mengalami penurunan pendapatan karena gangguan yang disebabkan oleh wabah virus korona.

Meskipun Pemerintah telah mengumumkan Skema Pinjaman Gangguan Usaha Coronavirus, banyak usaha kecil tidak akan memenuhi syarat untuk tunjangan 80% berdasarkan omset tahunan mereka dan mereka tetap berkewajiban membayar 100% dari utangnya.

Memberikan solusi komunikasi dan kolaborasi yang dapat menghemat biaya sangat penting untuk membantu pemilik bisnis untuk mengelola kerja dari jarak jauh yang masih terkesan asing dan perlu adanya adaptasi dengan apa yang tampak sebagai pergeseran permanen ke kerja fleksibel.

Manajer pemasaran senior Iomart Thomas Lynch mengatakan bahwa dari hasil analisa mereka terhadap data tren pencarian Google memperlihakan bahwa permintaan untuk perangkat lunak untuk solusi kerja jarak jauh oleh perkantoran sangat besar karena adanya peningkatan kerja jarak jauh diakibatkan Covid-19.

Pada bulan lalu saja, kami telah melihat peningkatan sebesar 663 persen dalam lalu lintas pengunjung ke halaman layanan Virtual Desktop milik kami dan peningkatan juga jauh lebih banyak yaitu sekitar 205 persen untuk lalu lintas ke halaman produk Office 365, kedua perusahaan teknologi raksasa tersebut menawarkan solusi berbasis cloud.(na)