Desain Baru Google Shopping Mudahkan Hubungan UMKM dan Konsumen

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google telah meluncurkan desain baru untuk Google Shopping bauk untuk situs online dan aplikasi seluler. Pada desain baru tersebut Google Shooping menampilkan beranda baru yang lebih dipersonalisasi, dan tersedia fitur pencarian harga.

Seperti dilansir dari The Verge, desan baru dari beranda kini lebih dipersonalisasi untuk preferensi belanja spesifik pengguna, dan secara otomatis akan menyarankan pemesanan ulang produk yang sebelumnya pengguna pernah beli dan juga merekomendasikan produk berdasarkan aktivitas pengguna.

Bukan hanya itu, pengguna juga dapat memilih untuk berbelanja di toko terdekat atau langsung melalui sejumlah opsi e-commerce yang akan ditampilkan seperti Bukalapak, Shopee, atau Tokopedia, dan pengguna juga dapat memilih berdasarkan rentan harga produk yang mereka ingin dibeli.

Google Shopping akan memudahkan pembeli untuk menemukan informasi belanja baik dari toko online maupun offline, sehingga mereka dapat meneliti barang yang dicari dengan mudah. Selain itu, Google Shopping juga memungkinkan pengguna untuk menjelajahi toko-toko seperti apa yang mereka lakukan ketika mereka berjalan di pasar atau di pusat perbelanjaan.

Dengan adanya fitur pelacakan harga baru, maka akan memungkinkan pengguna mengetahui item yang mereka cari dan juga akan memberikan notifikasi di ponsel pengguna ketika ada penurunan harga dari produk yang mereka ingin beli.

Director of Product Management Google Shopping, Amit Deshpande menjelaskan kepada Antara beberapa waktu yang lalu, bahwa ekosistem pedagang sangat besar dan itu adalah sesuatu yang sangat menarik bagi Google, oleh karena itu melalui Google Shopping diharapkan dapat menghubungkan semua pedagang dari semua ukuran, besar dan kecil, dengan konsumen yang mencari produk.

Selain itu Google juga ingin menghadirkan semakin banyak peluang untuk toko online besar maupun kecil. Saat ini toko sudah bisa mencantumkan produk dan penawaran mereka di Google Shopping secara gratis.

Apabila toko ingin menjual produk mereka di Google Shopping, yang perlu mereka lakukan hanyalah membuka situs web yang ditujukan khusus untuk para penjual, Google Shopping Merchant Center, dan mengupload produk yang mereka jual.(hh)