Dukung Kesehatan Mental Snapchat Rilis Mini Snap

logo huawei

Snap Inc mengumumkan telah merilis aplikasi Mini Snap, dengan tools dari aplikasi meditasi Headspace. Juru bicara Snapchat mengatakan hal Ini dilakukan sebagai bagian dari bentuk dukungan terhadap kesehatan mental dan emosional para pengguna Snapchat.

Dilansir dari situs web theverge.com, Snapchat mengatakan bahwa mereka meluncurkan Minis (Mini Snap) di KTT virtual bersama Mitra mereka bulan lalu. Minis merupakan aplikasi mini yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga yang berjalan di dalam Snapchat untuk menciptakan lebih banyak pengalaman sosial di antara teman-teman dan mereka membuatnya menggunakan HTML.

Headspace Mini adalah salah satu dari empat aplikasi mini yang akan dirilis minggu ini. Let’s Do It, aplikasi yang memungkinkan sebuah grup untuk membuat keputusan bersama. Kemudian ada Prediction Master dari Mammoth Media yang akan menyajikan segala macam pertanyaan sehingga snapchatters bisa melihat siapa diantara temannya yang merupakan seorang penebak yang handal, dan Flashcards oleh Tembo sebagai alat bantu belajar.

Snapchat mengatakan hasil dari penelitian mereka menunjukkan bahwa perasaan cemas, depresi, stres, dan tantangan kesehatan mental lainnya sangat tinggi di kalangan penggunanya. Snapchat menemukan bahwa pengguna biasanya menghubungi temannya terlebih dahulu ketika mengalami perasaan-perasaan tersebut.

“Penelitian itu membantu dan memberikan informasi tentang bagaimana kami mendesain Headspace Mini. Kami menempatkan sumber daya ini ke depan dan pusat dimana Snapchatters sudah berbicara dengan teman-teman dekatnya. Kami berharap fitur baru ini akan menyediakan tempat yang aman bagi Snapchatters untuk menjadi lebih perhatian, dan mampu menyemangati dan memberi dorongan positif bagi temannya yang membutuhkan” kata juru bicara Snapchat.

Headspace Mini memiliki 6 sesi meditasi, yang durasinya tiga sampai enam menit, dan didalamnya sudah termasuk tema-tema seperti Just Breathe, Get Out of a Funk, Kick the Panic, Be Nice to You, Pressure to Succeed, dan Me Time.

Berdasarkan presentase pengguna Snapchat di media sosial, terdapat 90% berusia 13-34 tahun. Snapchat merilis Here For You sebagai alat pencari untuk membantu pengguna yang merasa cemas karena efek dari pandemi virus corona. Fitur ini akan memberikan konten-konten dari para ahli kesehatan mental saat pengguna mencari topik tentang kecemasan, depresi, atau bullying.

Ada beberapa cara untuk mengakses Headspace Mini di Snapchat. Pengguna dapat masuk melalui Here for You atau bisa mengetuk ikon roket di obrolan untuk memulai percakapan dengan teman dan bermeditasi bersama. Jika pengguna lebih suka bermeditasi sendiri, maka hanya perlu mengetik “Headspace” di search bar untuk menemukannya.(na/hh)