Pengguna Spotify Kini Bisa Dengarkan Podcast Sambil Nonton Video

logo huawei

Platform layanan musik streaming asal Swedia Spotify meluncurkan fitur baru. Fitur ini mendukung siniar atau podcast dengan video yang memungkinkan pembuat konten dapat memberikan konten audio dan video secara bersamaan.

Dilansir dari situs theverge.com, Spotify mengatakan fitur ini dapat dinikmati oleh semua pengguna gratis maupun premium. Pengguna bisa menonton dan mendengarkannya melalui seluler maupun desktop.

Namun untuk saat ini hanya podcast tertentu yang dapat memposting video ke Spotify. Video akan secara otomatis terputar jika pengguna menekan tombol play dan mereka akan menyinkronkan dengan audio. Jadi jika seseorang keluar dari aplikasi atau mengunci perangkat mereka saat menonton, audio akan aktif.

Program acara awal yang akan meluncurkan konten video pendamping adalah Book of Basketball 2.0, Fantasy Footballers, The Misfits Podcast, H3 Podcast, The Morning Toast, Higher Learning dengan Van Lathan & Rachel Lindsay, dan The Rooster Teeth Podcast.

Spotify juga mengumumkan kesepakatan lisensi ekslusif dengan Joe Rogan, salah satu podcasters popular di dunia yang merilis video acaranya di YouTube. Sebagai bagian dari kesepakatan, ia mengambil video acaranya ke Spotify.

Perusahaan streaming audio itu memulai pengujian podcast video dengan dua bintang YouTube yaitu Zane Hijazi dan Heath Hussar, pembawa acara Zane dan Heath: Unfiltered. Pada saat itu, sebuah sumber mengatakan kepada The Verge bahwa Spotify akan meluncurkan fungsionalitas podcast video secepatnya.

Fitur ini juga membuat Spotify bersaing dengan YouTube dalam hal podcasting. Kreator dapat mempromosikan kontennya melalui Spotify sebagai tempat yang tidak hanya mengunduh atau melakukan streaming acara mereka tetapi juga untuk menontonnya. Podcast video pada platform ini juga memberikan banyak fleksibilitas dengan distribusi dan membuat platform ini menjadi lebih populer di YouTube.

Kreator podcast mungkin akan terus mengunggah acara mereka ke YouTube jika untuk mencari keuntungan dari iklan yang disisipkan Google. Selain mendapat keuntungan dari mesin pencarian dan kemudahan untuk ditemukan. Dengan Spotify, para kreator dapat menjangkau lebih banyak pendengar di tempat di mana saja, dan mereka mungkin sudah mendengarkan podcast.(na/hh)