Ekstensi Chrome Akan Tersedia Hanya di Situs Google

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Ekstensi adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna melakukan hal-hal seperti memblokir iklan, mengelola tab dengan lebih baik, jadi ekstensi bisa berguna dan menyenangkan. Sayangnya, mereka juga bisa digunaan untuk menyebarkan malware yang dapat memata-matai pengguna atau melakukan penambangan cryptocurrency tanpa seijin pengguna, sehingga orang lain mengambil keuntungan dari komputer yang kita miliki.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Google menghilangkan fitur pemasangan ekstensi yang memungkinkan situs web menghadirkan tombol pemasangan, sehingga pengguna tidak perlu membukaToko Web Chrome untuk menambahkan sebuah ekstensi. Jadi nanti Google akan menjadikan Toko Web Chrome satu-satunya cara untuk mendapatkan ekstensi.

Pada awalnya Google memberikan akses kepada pengguna Chrome untuk dapat mengunduh ekstensi dari mana saja, tetapi kemudian diubah dengan menawarkan pemasangan inline melalui Toko Web Chrome. Hal serupa dilakukan Google pada Android Play Store yang awalnya mirip web, di mana aplikasi yang bagus akan muncul ke permukaan dengan kemampuan mereka sendiri, tetapi akhirnya mengadopsi proses persetujuan yang sama seperti digunakan oleh Apple dengan App Store-nya.

James Wagner, manajer produk platform ekstensi Google, menjelaskan keputusan tersebut dalam postingan blog.

“Kami banyak menerima keluhan dari pengguna tentang ekstensi yang tidak diinginkan yang menyebabkan pengalaman menggunakan Chrome berubah secara tidak terduga dan sebagian besar keluhan ini dikaitkan dengan adanya usaha penipuan yang dilakukan sebuah situs,” kata Wagner.

“Informasi yang ditampilkan bersama ekstensi di Toko Web Chrome memainkan peran penting dalam membantu pengguna memastikan untuk dapat membuat keputusan untuk memasang ekstensi. Saat dipasang melalui Toko Web Chrome, lebih kecil kemungkinannya untuk disalah gunakan ataupun menimbulkan keluhan dari pengguna, jika dibandingkan dengan ekstensi yang dipasang melalui pemasangan inline. ”

Pengecekan ekstensi yang dilakukan oleh Google akan berlangsung dalam tiga fase:

Pertama, ekstensi baru tidak dapat dipasang secara inline.

Kedua, pemasangan inline akan dinonaktifkan untuk ekstensi yang ada. Situs yang menawarkan pemasangan inline akan mengirim pengguna ke halaman Toko Web Chrome untuk pemasangannya.

Terakhir, pengembang ekstensi harus memperbarui situs mereka pada awal Desember untuk menyingkirkan kode pemasangan inline dan hanya mengarahkan pengguna ke halaman Toko Web Chrome. Perubahan itu akan diperlukan karena Google akan menghapus dukungan pemasangan inline dengan Chrome 71 yang akan datang.(hh)

Sumber