Facebook Bangun Kampung Untuk Komunitasnya

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Saat ini hampir jutaan orang telah menghabiskan waktu dan hidup mereka di jejaring sosial raksasa Facebook. Sekarang, Facebook ingin membangun komunitasnya sendiri di dunia nyata. Ya, Facebook akan membangun “kampung” bernama “Willow Campus” untuk komunitasnya.

Seperti dilansir dari Fossbytes, hari Jum’at minggu lalu, Facebook menyampaikan rencana mereka untuk merubah kampusnya di kantor pusat mereka yang terletak Silicon Valley menjadi perumahan dan bisnis retail.

Perumahan, supermarket, hotel dan banyak lagi akan menjadi bagian dari rencana proyek baru mereka yang berbasis di kampus perusahaan Menlo Park, California. Dimana mereka merencanakan untuk membangun “kampung” mereka.

Menurut John Tenanes, jalan menuju “Willow Campus” berasal dari perumahan dan transportasi umum yang bisa dibilang belum layak, sehingga membuat para pegawai Facebook kesulitan untuk tinggal dilokasi dimana kantor pusat Facebook berada.

Rencananya, versi final dari rancangan tersebut akan dibangun bersebelahan dengan kota Menlo Park yang meliputi 11,600 meter persegi ruang komersil, termasuk pergudangan, toko obat dan toko – toko lainnya yang biasanya ditemukan dilingkungan masyarakat.

“Bekerja dengan masyarakat merupakan tujuan kami untuk membuat Willow Campus menjadi sebuah “kampung” terpadu yang akan menyediakan beragam solusi layanan, perumahan serta sarana transportasi yang sangat dibutuhkan berikut ruang kantornya,” jelas Tenanes.

“Harapan kami adalah menciptakan sebuah ruang fisik yang mendukung komunitas kami dan membangun program yang ada,” tambahnya.

Kantor pusat Facebook sendiri meliputi beberapa grup bangunan yang dulunya merupakan kantor dari Sun Microsystems, yang dibelinya pada tahun 2011. Facebook telah merubah taman kantor dengan sentuhan teknologi termasuk membuat jalan – jalan di antara gedung – gedung, sehingga memberikan kesan seperti sebuah kota.

Beberapa tahun kemudian, Facebook membeli tanah di sekitarnya dan membangun gedung tambahan yang di desain oleh seorang arsitektur bernama Frank Gehry. Sementara untuk Willow Campus direncanakan akan dibangun sekitar 1,500 rumah. Dimana sekitar 15 persennnya akan dijual dengan harga yang lebih murah dari harga pasar.

Facebook akan mempresentasikan rencana terbaru mereka kepada pihak administrasi kota pada bulan ini. Dilanjutkan dengan memulai proses review yang akan memerlukan waktu sekitar dua tahun. Disusul setelah itu proses konstruksi dan diharapkan tahap pertama diperkirakan akan selesai pada awal tahun 2021.(hh)