Facebook Buat Versi Instagram Untuk Anak Di Bawah 13 Tahun

logo huawei

Raksasa jejaring sosial Facebook diketahui sedang mengembangkan aplikasi versi Instagram untuk anak di bawah 13 tahun. Menurut laporan dari BuzzFeed News, Head of Instagram Adam Mosseri mengonfirmasi bahwa versi aplikasi berbagi foto populer untuk anak di bawah 13 tahun sedang dalam pengerjaan.

“Perusahaan Induk Facebook tahu banyak anak-anak ingin menggunakan Instagram namun belum ada rencana terperinci,” kata Mosseri.

“Tetapi bagian dari solusinya adalah membuat versi Instagram untuk kaum muda atau anak-anak di mana orang tua memiliki transparansi atau kontrol. Itu salah satu hal yang kami jelajahi,” tambah Mosseri kepada BuzzFeed News.

Dilansir dari situs The Verge, saat ini kebijakan Instagram melarang anak-anak di bawah 13 tahun untuk menggunakan platform tersebut.

Juru bicara Facebook Joe Osborne mengatakan semakin banyak anak-anak yang bertanya kepada orang tua mereka apakah mereka dapat bergabung dengan aplikasi yang membantu mereka tetap terhubung dengan teman-teman mereka.

“Saat ini tidak banyak pilihan untuk orang tua, jadi kami sedang berupaya membuat produk tambahan seperti yang kami lakukan dengan Messenger Kids yang cocok untuk anak-anak, dan dikelola oleh orang tua,” katanya.

“Kami sedang menjajaki menghadirkan pengalaman yang dikontrol orang tua ke Instagram untuk membantu anak-anak mengikuti teman-temannya, menemukan hobi dan minat baru, dan banyak lagi,” tambah Osborne.

Wakil Presiden Produk Instagram Vishal Shah mengatakan proyek “pilar pemuda” telah diidentifikasi sebagai prioritas oleh perusahaan. Grup Produk Komunitasnya akan fokus pada masalah privasi dan keamanan untuk memastikan pengalaman yang paling aman bagi remaja.

Kemudian Mosseri akan mengawasi proyek tersebut bersama dengan Wakil Presiden Pavni Diwanji, yang mengawasi YouTube Kids saat dia berada di Google.

Menargetkan produk online untuk anak-anak di bawah 13 tahun tidak hanya dipenuhi dengan kekhawatiran tentang privasi, tetapi juga masalah hukum. Pada September 2019, Federal Trade Commission mendenda Google sebesar 170 juta dollar karena melacak riwayat penayangan anak-anak untuk menayangkan iklan kepada mereka di YouTube, pelanggaran terhadap Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA).(na)

%d bloggers like this: